Salin Artikel

Lalu Lintas di Malioboro Saat Libur Lebaran Terkendali, Pemkot Yogyakarta Ungkap Penyebabnya

"Pertama masyarakat pendatang sudah memahami karakter Yogyakarta, sehingga mengerti kapan mereka melintas kapan tidak. Mereka sudah mulai paham itu," ucap Aman saat dihubungi, Selasa (25/4/2023).

Kedua adalah adanya perbedaan puncak arus balik karena terdapat libur panjang pada akhir pekan nanti.

Aman menyebut pihaknya memprediksi bahwa arus balik puncaknya bakal terjadi tanggal 24 dan 25 April 2023. Namun ada potensi wisatawan bertahan di Kota Yogyakarta dari tanggal 30 dan 1 Mei.

"Ketiga, masyarakat kan mulai paham langsung ke sasarannya yang mereka inginkan. Artinya kalo kita bicara titik atau destinasi, langsung menyasar ke titik atau destinasi yang mereka kehendaki. Jadi tiga poin itu yg mempengaruhi situasi hingga Alhamdulillah relatif terkendali di Kota Yogyakarta," papar dia.

Kepala Dinas Pehubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho menambahkan pihaknya mencatat volume kendaraan yang asuk ke Malioboro kurang lebih per jam sebanyak 1.500 kendaraan.

Terkait antisipasi kepadatan lalu lintas, pihaknya memberikan informasi kantong-kantong parkir kepada wisatawan jauh-jauh hari. Hal ini agar wisatawan tidak kesulitan mencari kantong parkir.

"Dengan mengetahui kantong parkir wisatawan tidak harus mengendarai kendaraan sampai Malioboro," kata dia.

Menurut Agus, kondisi lalu lintas di Jalan Malioboro ramai lancar. Pihaknya akan mengupayakan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan.

"Pada saat volume memuncak kita alirkan lalu lintas. Kendaraan didominasi dari barat, Jakarta, Jawa Barat, Semarang," ucap dia.

Sementara itu salah satu wisatawan asal Bekasi, Rida mengatakan dirinya memang hampir tiap tahun berkunjung ke Malioboro saat pulang kampung.

Menurut dia tidak afdol saat pulang kampung ke Yogyakarta tidak berwisata di Malioboro.

"Tidak afdol kalau ke Yogyakarta tidak ke Malioboro, sekaligus ingin melihat lokasi PKL yang baru di Teras Malioboro," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/26/042542078/lalu-lintas-di-malioboro-saat-libur-lebaran-terkendali-pemkot-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke