Salin Artikel

Besok Sudah Masuk Kerja, Penumpang Arus Balik Padati Bandara YIA

Banyak yang memilih moda transportasi udara hari ini karena lebih cepat sampai sehingga tidak merasakan penumpukan dan kemacetan di jalan raya.

“Biar lebih cepat ke rumah saja. Biar enggak kena ramai (kemacetan),” kata Sagita (24), pekerja asal  Jakarta Timur, Selasa (25/4/2013).

Sagita dan keluarganya mudik ke Yogyakarta sejak Rabu (19/4/2023). Setelah sepekan, mereka balik kembali ke Jakarta, Selasa siang.

Sagita berniat terbang ke Bandar Udara Soekarno Hatta setelah beli tiket satu minggu sebelumnya. Perjalanan dari Yogyakarta ke YIA berlangsung lancar. Ia meyakini penerbangan YIA ke Bandara Cengkareng, dilanjutkan ke Jakarta Timur, semua juga bakal berlangsung lancar. Hal ini karena transportasi terhubung baik.

“Nanti di sana juga naik kereta bandara,” kata Sagita.

Dari ribuan orang yang tengah menunggu keberangkatan naik pesawat, tampak Trisna Ferani (24) yang duduk menunggu di terminal YIA. Ia juga berniat terbang pulang ke Jakarta.

Trisna sempat mudik kampung halaman di Yogyakarta pada Jumat (21/4/2023), lalu dan  berencana pulang ke Jakarta Selatan hari ini.

“Mau balik ke Jakarta. Libur bersama sudah habis dan mau tak mau hari ini (kembali ke Jakarta). Besok sudah masuk kerja,” kata Ferani.

“Harga tiket memang beda, saya maklum. Saya dapat (tiket) tapi (harga) tidak tinggi-tinggi banget,” kata Trisna.

Stakeholder Relation Manager YIA dari PT Angkasa Pura I Persero, Ike Yutiane mengungkap arus balik akan terlihat karena ada 15.900 penumpang yang akan terbang lewat YIA hari ini. Sampai dengan Selasa tengah hari, tercatat sudah lebih 8.000 penumpang lewat YIA.

Hari ini, jumlah penumpang sudah mendekati catatan puncak arus mudik pada19 April 2023 lalu yang mencapai 16.481 orang dengan 119 pergerakan pesawat.

Walau angkanya mendekati puncak arus mudik, namun diperkirakan pergerakan penumpang mencapai puncaknya pada 28 April 2023 mendatang.

Diperkirakan, penumpang bisa lebih dari 16.000 atau setidaknya sama dengan kepadatan puncak arus mudik.

“Tujuan arus balik terbanyak ke arah (bandara) Cengkareng. Kalau arus mudik kan dari Balikpapan dan Samarinda,” kata Ike.

Total penumpang bakal terus terkerek naik sepanjang musim lebaran di YIA, yakni dari 14 April – 2 Mei 2023. Sampai hari ini, tercatat 148.170 penumpang yang mengakses YIA. Jumlah itu menunjukan pertumbuhan 54 persen penumpang dibanding periode musim lebaran tahun 2022.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/25/235320378/besok-sudah-masuk-kerja-penumpang-arus-balik-padati-bandara-yia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke