Salin Artikel

Plt Ketum PPP: Koalisi Indonesia Bersatu Masih Solid

"Sampai saat ini PPP koalisi masih dengan KIB dengan Golkar dan PAN," katanya, Senin (24/4/2023).

Mardiono menambahkan, PPP bersama partai lainnya telah menandatangani piagam deklarasi yang di dalamnya berisi tidak mencampuri urusan internal masing-masing partai.

"Nah koalisi ini sesuai dengan piagam deklarasi yang kita tanda tangani adalah tidak mencampuri internal di partai masing-masing, itu sudah tentu," sebutnya.

Menurutnya, KIB selama ini baru sebatas mendiskusikan soal kebangsaan, dan belum merangkum bakal calon presiden dan cawapres untuk pemilu 2024.

"Tetapi memang belum masing-masing itu untuk merangkum bakal para capres dan cawapres," ucapnya.

Dalam penentuan bakal calon presiden dan calon wakil presiden merupakan keputusan masing-masing partai, namun jika tiap partai mengusung sosok yang berbeda dibutuhkan negosiasi politik yang kuat.

"Kemudian nanti di meja bundar dari ketiga partai itu pilihannya sama ya Alhamdulillah, tapi kalau ada beda ya tentu itu butuh negosiasi-negosiasi politik yang kuat," beber dia.

Ia berharap KIB tetap solid walaupun di tiap internal partai tidak dapat dicampuri partai lainnya.

"Jadi Insya Allah KIB masih tetap solid tapi di internal partai masing-masing tentu kita tidak mencampuri," kata dia.

Berita sebelumnya, Sandiaga Uno santer dikabarkan bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terkait jal ini Plt Ketua Umum PPP muhammad Mardiono sebut sampai saat ini Sandiaga masih kader Gerindra.

"Kalau hasil pembicaraan yang terakhir ya itu tentu tergantung bahwa kalau beliau masih menjadi kader Gerindra ya tentu ada etika politik," ujarnya, Senin (24/4/2023).

Menurut dia akhir-akhir ini Sandiaga Uno kerap hadir saat diundang pada acara-acara PPP, namun sering hadirnya Sandiaga belum bisa diartikan bahwa Sandiaga akan gabung dengan PPP.

"Memang selama ini (Sandiaga) menghadiri acara PPP, kemudian selanjutnya terserah beliau untuk apakah sudah meyakini bahwa bergabung dengan PPP," kata dia.

Ia menambahkan PPP tak mungkin serta merta memasukkan Sandiaga Uno sebagai kader PPP, saat sudah resmi lepas dari Gerindra tak hanya Sandiaga Uno yang diharapkan bergabung PPP tetapi juga tokoh-tokoh nasional lain juga diharapkan bergabung dengan PPP.

"Soal Pak Sandi itu nanti terakhir tergantung pada Pak Sandi sendiri tapi PPP tentu akan welcome termasuk semua tokoh," katanya.

Mardiono pada Senin (24/4/2023) mengeglar open house dan rapat internal partai seluruh Indonesia, namun dalam kesempatan ini Sandiaga tidak diundang.

"Tidak, kalau Pak Sandi tidak ada jadwal untuk menghadiri acara-acara ini karena acara ini betul-betul internal," ucap dia.

Namun Mardiono juga tidak menutup kemungkinan Sandiaga hadir dalam acara pesta rakyat yang juga akan diselenggarakan oleh PPP, mengingat Yogyakarta sebagai kota wisata dan Sandiaga sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Mungkin nanti kalau beliau hadir saya terima kasih. Kalau seandainya enggak ya kemarin sudah ke rumah di Jakarta, tapi nanti di pasar rakyat akan di meriahkan mudah-mudahan nanti ada tokoh-tokoh yang hadir," ungkapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/24/153914978/plt-ketum-ppp-koalisi-indonesia-bersatu-masih-solid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke