Salin Artikel

Polisi Tembak Sebuah Drone yang Nekat Mengudara Saat Grebeg Syawal

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menembak sebuah drone yang nekat mengudara saat prosesi gerebeg syawal di halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

Kapolresta Kota Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar mengatakan, bahwa selama prosesi gerebeg syawal masyarakat tidak diperbolehkan untuk menerbangkan drone di area Masjid Gedhe Kauman.

"Kami sudah melakukan sosialisasi melalui media sosial resmi Polresta Yogyakarta, bahwa selama gerebeg syawal tidak diperbolehkan menerbangkan drone," ujar Saiful, pada Sabtu (22/4/2023).

Saiful mengatakan, setelah drone diamankan, pihaknya akan meminta keterangan kepada pemilik drone.

"Diamankan saja, kami cek pemiliknya tujuannya apa, kalau tidak ada hal-hal lain kita kembalikan," kata dia.

Pihaknya telah mengantongi identitas pemilik drone. Menurut dia pemilik masih warga Kota Yogyakarta tetapi bekerja di luar kota.

"Pemilik warga Kota Yogyakarta juga, tetapi dari luar kota. Baru mudik," ucap dia.

Dari keterangan sementara yang didapat oleh polisi pemilik drone hanya ingin mendokumentasikan acara gerebeg syawal.

"Alasannya ingin dokumentasi dari atas, dia enggak tahu aturannya," ucap dia.

Sebelumnya, gerebek atau Grebeg Syawal digelar di halaman Masjid Gedhe Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (22/4/2023).

Ini kali pertama Grebeg Syawal turut diramaikan masyarakat setelah tiga tahun diadakan di lingkungan Keraton Yogyakarta akibat pandemi Covid-19.

"Grebeg ini pertama kali digelar setelah tiga tahun lebih tidak diselenggarakan upacara Grebeg di Keraton Yogyakarta, tahun ini pertama setelah pandemi," ujar Penghageng II Kawedanan Rekso Suyoso Keraton Yogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Kusumanegara, Selasa (18/4/2023).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/22/203658778/polisi-tembak-sebuah-drone-yang-nekat-mengudara-saat-grebeg-syawal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke