Salin Artikel

Lebaran Duluan, Ratusan Jemaah Aolia Gunungkidul Mengikuti Shalat Id Pagi ini

Dari pengamatan kompas.com sejak pagi ratusan jemaah memadati kompleks masjid Aolia jalan Panggang-Purwosari. Shalat Id dimulai pukul 06.30 WIB.

Kompleks masjid ini merupakan rumah dari pimpinan jemaah Aolia Mbah Benu atau Raden Ibnu Hajar Sholeh.

Sejumlah petugas kepolisian dan Banser ikut menjaga lalu lintas, karena masjid ini terletak di pinggir jalan. Bahkan ada jamaah yang ikut shalat di pinggir jalan.

Sejumlah masjid di Panggang, juga menggelar shalat Idul Fitri. Hal itu dibenarkan Dukuh Warak, Kalurahan Girisekar, Sudarisman. Dia mengatakan warga dari RT 001 sampai dengan 005 akan menggelar Salat Id hari ini.

"Total di sini (Dusun Warak) ada sekitar 350 orang yang merayakan Idul Fitri duluan. Saya juga termasuk yang merayakan lebih awal,” kata Sudarisman

Puasa yang dilakukan tetap 29 hari karena juga memulainya juga lebih awal yakni 22 Maret 2023 lalu.

Dia mengatakan shalat Id digelar disejumlah masjid yakni Masjid Aolia Temuireng 1 di Kalurahan Girisuko, Masjid Aolia Panggang 3, Masjid Almaunah di Padukuhan Banyumeneng 1 dan Masjid Albarokah di Padukuhan Banyumeneng 2 di Kalurahan Giriharjo.

"Bersamaan Salat Id di Warak dan Jeruken, juga digelar di Dusun Temuireng 1 (Girisuko), Panggang 3, Banyumeneng 1 dan 2 di Kalurahan Giriharjo," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/20/071617178/lebaran-duluan-ratusan-jemaah-aolia-gunungkidul-mengikuti-shalat-id-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke