Salin Artikel

Mengacu Kalender Jawa Islam, Keraton Yogyakarta Rayakan Idul Fitri pada 22 April 2023

Penghageng II Kawedanan Rekso Suyoso Keraton Yogyakarta KRT Kusumonegoro di Kompleks Kepatihan berujar, 22 April bertepatan dengan 1 Sawal Tahun Ehe 1956.

"Kalender keraton itu sudah ada aturannya, untuk pasa (puasa) di keraton itu mesti 30 hari, untuk pasa tahun ini berakhir pada tanggal 21 April, artinya hari Sabtu, 22 April, jatuh bertepatan dengan 1 Sawal Tahun Ehe 1956," kata Kusumonegoro dilansir Antara.

Tetapi, dia menekankan, penanggalan tersebut tak bisa digunakan sebagai acuan melakukan ritual keagamaan seperti Shalat Idul Fitri di lingkungan keraton.

"Tidak berkaitan dengan ritual keagamaan, tapi terkait ritual sungkeman maupun prosesi gunungan (Grebeg Syawal)," kata dia.

Kusumonegoro melanjutkan, Keraton Yogyakarta akan menandai perayaan Idul Fitri Sabtu (22/4/2023), dengan menghelat Grebeg Syawal.

Kemudian arak-arakan gunungan, serta acara ngabekten, yang merupakan tradisi turun temurun sejak zaman Panembahan Senopati.

Adapun Hajad Dalem Ngabekten akan digelar selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (23/4/2023), serta dilaksanakan tertutup.

Ngabekten, tradisi sungkeman di Keraton Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri, biasanya diikuti oleh kepala daerah kabupaten/kota, sentana dalem/kerabat, dan abdi dalem keraton.

Meski menetapkan Lebaran pada 22 April 2023, Kusumonegoro menegaskan keraton mengizinkan Alun-alun Selatan dipakai Shalat Id pada 21 April 2023.

Izin penggunaan Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri tertuang dalam surat Nomor 0152/KH.PP/Ruwah.III/EHE.1956.2023 yang dikeluarkan oleh Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono.

Surat tersebut dikeluarkan untuk menjawab permohonan izin pinjam Alun-alun Kidul yang diajukan Panitia Hari Besar Islam kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta.

Rencananya, mereka akan menggunakan lapangan itu untuk menggelar Shalat Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023), pukul 06.00 WIB.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/19/091353578/mengacu-kalender-jawa-islam-keraton-yogyakarta-rayakan-idul-fitri-pada-22

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke