Salin Artikel

Libur Lebaran, Polres Gunungkidul Siapkan "One Way" di Jalan Yogyakarta-Wonosari dan Tim Ganjal Ban

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Antonius Purwanta mengatakan, pihaknya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat libur lebaran nanti. Sejumlah personel diterjunkan untuk mengantisipasi kemacetan terutama di jalur Yogyakarta-Wonosari.

Biasanya saat libur lebaran, terjadi antrean kendaraan dari Piyungan, Bantul sampai ke kawasan sekitar Kali Pentung, Patuk.

"Jika terjadi kemacetan sampai di kawasan Kali Pentung, maka kita berlakukan one way. Seluruh kendaraan dari Gunungkidul menggunakan dua lajur, dan kendaraan dari Yogyakarta ditahan di Piyungan," kata Purwanta saat ditemui seusai ram cek di pol Bus Maju Lancar, Siyono, Playen, Senin (17/4/2023). 

Dijelaskannya, one way ini akan diberlakukan maksimal 30 menit atau jika arus lalu lintas sudah terurai maka akan dibuka kembali. Selain itu, juga disiapkan petugas ganjal ban di pintu masuk Gunungkidul, dan jalan menuju pantai Kukup. 

"Ada dua lokasi yang disiapkan untuk tim ganjal ban di Patuk, dan kawasan pantai. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan. Apalagi diperkirakan ada peningkatan pemudik," kata Purwanta.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Bantul," kata dia. 

Kepala Dinas PerhubunganGunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan peningkatan arus lalu lintas terlihat sejak Sabtu (15/4/2023) lalu. Peningkatan volume kendaraan mencapai 20 persen dibanding saat biasanya.

"Kemungkinan bisa meningkat lagi antara 30 sampai 40 persen mendekati Lebaran," kata Rakhmadian.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi kecelakaan pihaknya melakukan pemeriksaan di sejumlah pol bus dan terminal. 

"Hari ini di pol bus Maju Lancar, dan terminal Semin. Untuk sementara tidak ditemukan kendaraan yang tidak layak jalan," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/17/224731778/libur-lebaran-polres-gunungkidul-siapkan-one-way-di-jalan-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke