Salin Artikel

UPDATE Kecelakaan Maut di Tol Semarang-Solo, Kejadian Saat Sahur, Korban Tewas 8 Orang

KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun terjadi di KM 487+600 Tol Semarang-Solo, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (14/4/2023) sekitar pukul 04.00 WIB.

Terdapat delapan kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan beruntun tersebut, yakni dua Truk pengangkut mobil, dua truk boks, satu truk trailer, satu truk tangki, dan satu mobil travel.

Berdasarkan rekaman CCTV, kecelakaan ini bermula ketika beberapa truk berhenti di jalur lambat tak jauh setelah rest area Boyolali, karena lahan parkir di rest area 487 A dalam kondisi penuh.

Kemudian, saat para sopir beristirahat, truk trailer pengangkut besi cor melaju kencang dan kehilangan kendali karena diduga mengalami rem blong.

Sontak, truk itu pun menghantam sejumlah kendaraan yang ada di depannya.

"Saya ada di kabin. Mau sahur. Tiba-tiba di hantam dari belakang," kata Irwan, sopir truk pengangkut mobil yang selamat dalam insiden tersebut, dikutip dari TribunSolo.com, Jumat (14/4/2023).

Irwan mengatakan, usai kejadian, dia sempat mengobrol dengan kenek truk trailer yang hilang kendali itu.

"Kata keneknya, dari sebelum rest area, rem truk blong, kemudian kecelakaan ini," ujar Irwan.

6 orang tewas

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, 6 orang tewas dalam kecelakaan tersebut dan kebanyakan merupakan penumpang elf.

"Korban paling banyak dari kendaraan elf, karena berisi penumpang, ada yang tertimpa dan terhimpit" ucap Ahmad.

"Dari penumpang Elf tersebut, terdapat empat korban meninggal dunia," imbuhnya.

Dia pun mengaku telah mengerahkan jajarannya untuk segera mengevakuasi para korban serta kendaraan dari lokasi kejadian.

“Macam-macam, truk, elf, tronton dan banyak lagi," papar Ahmad.

Saat ini, dilansir dari Tribunnews.com, Jumat (14/4/2023), dua korban dikabarkan telah berhasil diidentifikasi. Keduanya disebut berasal dari Nganjuk, Jawa Timur.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M Herdi Pratama membenarkan, korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut berjumlah 6 orang.

"Korban sementara, yang kami data ada 6 korban jiwa. Satu luka berat, dan 6 luka ringan," jelasnya.

Terkait kemungkinan para korban yang berasal dari kendaraan elf adalah pemudik, Herdi mengaku, pihaknya kini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami belum bisa memastikan itu," pungkasnya.

Korban tewas bertambah 2 orang

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi menyatakan, korban tewas akibat kecelakaan maut di tol Semarang-Solo bertambah 2 orang.

Kedua korban itu meninggal dunia usai mendapat penanganan medis di rumah sakit. Dengan begitu, total korban tewas saat ini mencapai 8 orang.

"Dua korban (tambahan) meninggal di rumah sakit," kata Petrus di Boyolali, Jawa Tengah, sebagaimana diberitakan regional.kompas.com, Jumat (14/4/2023).

"Namun masih diidentifikasi semuanya, ini korbannya yang berasal dari kendaraan bermotor yang mana (asal kendaraan korban)," terangnya.

Adapun untuk enam korban yang mengalami luka ringan masih dirawat di RS Indriati dan RSUD Pandan Arang.

"Ini sementara korban mendapatkan perawatan di Indriati dan RSU Pandan Arang," tandasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor Dita Angga Rusiana), Tribunnews.com, TribunSolo.com

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/14/115412778/update-kecelakaan-maut-di-tol-semarang-solo-kejadian-saat-sahur-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke