Salin Artikel

Lebaran, "Car Free Night" di Malioboro Ditiadakan

Rekayasa lalu lintas tersebut berupa peniadaan car free night atau malam bebas kendaraan. Peniadaan tersebut akan mulai diterapkan di beberapa ruas jalan, salah satunya adalah Malioboro. Hal ini mengingat kawasan Malioboro merupakan kawasan destinasi wisata saat libur Idul Fitri.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Kota Jogja, Dishub DIY, kita bersepakat bahwa nanti pada H-3 dan H+3 untuk setiap hari yang dilaksanakan car free night itu ditiadakan," kata Kasatlantas Polresta Yogyakarta AKP Maryanto, Kamis (13/4/2023).

Ia mengatakan tujuan dari penghapusan sementara car free night di Malioboro untuk mengurangi volume kendaraan di sekitarnya.

"Untuk mengurangi volume kendaraan yang berada di seputaran kawasan Malioboro dan jalan sirip-siripnya, baik yang di Jalan Pasar Kembang, Jalan Bhayangkara, Jalan Mataram. Sehingga arus lalu lintas bisa berjalan dengan lancar," jelas dia.

Untuk diketahui car free night diterapkan pada hari-hari biasa sejak pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sehingga kawasan Malioboro menjadi pedestrian sepenuhnya.

Selain menghapus car free night di Malioboro, rekayasa lalu lintas lainnya juga akan diberlakukan saat setelah Lebaran untuk mengurai kepadatan kendaraan. Misalnya, ketika arus lalu lintas normal di kawasan Malioboro bisa masuk dari tiga ruas jalan yang ada di sana. Baik dari Jalan Mataram, Jalan Abu Bakar Ali dan Jalan Margo Utomo.

"Di sepanjang jalan Abu Bakar Ali (ABA) itu akan kita pasang barikade tapi sifatnya buka tutup. Ketika situasi arus lalu lintas normal maka akan kita buka untuk bisa masuk ke Malioboro," paparnya.

Jika dalam situasi tersebut masih terjadi kepadatan kendaraan, maka arus lalu lintas yang dari arah Margo Utomo dialihkan dari simpang tiga kliringan atas. Sementara dari kliringan bawah, di arahkan ke timur untuk memutar di Stadion Kridosono.

"Kemudian yang dari arah jalan Mataram, dari arah selatan ketika arus di sana juga padat maka akan kita kurangi yang dari arah selatan kita arahkan ke Kridosono," lanjutnya.

Terkait jalur sirip-sirip Malioboro, Polresta Yogyakarta telah sepakat dengan Dishub Kota Yogyakarta dan Dishub DIY, untuk yang dari Jalan Pajeksan diperbolehkan masuk ke timur saat libur lebaran. Menurutnya dengan metode ini dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Jalan Beskalan.

Kemudian untuk kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas maka untuk mengurainya dari Jalan Ahmad Dahlan diarahkan ke kiri melalui simpang tiga RS PKU.

"Dari simpang tiga PKU sampai Titik Nol free untuk yang mengarah ke barat. Sehingga kepadatan yang dari arah jalan Ahmad Yani ataupun Malioboro bisa langsung kita tarik arah ke kanan maupun ke kiri ataupun lurus menuju ke Keraton," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/13/143849678/lebaran-car-free-night-di-malioboro-ditiadakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke