Salin Artikel

Mudik Lebaran, Harga Tiket Bus di Terminal Giwangan Yogya Naik

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Harga tiket bus di Terminal Giwangan di beberapa Perusahaan Otobus (PO) sudah mengalami kenaikan sebesar 30 ribu.

Perwakilan PO Murni Jaya di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta, Rianto mengatakan kenaikan harga tiket menjelang hari raya Idul Fitri dimulai sejak 16 April sampai dengan 21 April 2023.

"Tarif sebelum Lebaran ada kenaikan Rp 30.000 mulai tanggal 16 April sampai 21 April," ujarnya saat ditemui di Terminal Giwangan, Rabu (12/4/2023).

Kenaikan harga ini, menurutnya, untuk seluruh kelas bus dan seluruh jurusan. Murni Jaya melayani jurusan dari Yogyakarta menuju Jabodetabek dan Pelabuhan Merak.

Ia menambahkan, saat menjelang Idul Fitri ini, Murni Jaya tergolong masih sepi karena tidak banyak pemudik dari Yogyakarta menuju Jabodetabek maupun Pelabuhan Merak.

Penumpang mulai ramai setelah Lebaran, tepatnya saat arus balik.

"Mulai H+3 ramai puncaknya H+5, 6, dan 7 itu tiket paling mahal, bisa 2 kali lipat biasanya Rp 190.000 bisa sampai Rp 400.000-an hampir semua PO 2 kali lipat lebih harga tiketnya," ungkapnya.

Untuk membeli tiket bisa menggunakan beberapa metode seperti melakukan transfer langsung atau datang ke loket secara langsung.

"Bisa transfer nanti kita kirim kode booking ini yang sudah langganan biasanya. Kalau yang belum langganan biasanya datang ke loket langsung," katanya.

Sementara itu Perwakilan Putra Remaja di Terminal Giwangan Misdiyono mengatakan, Putra Remaja saat menjelang mudik Lebaran justru tidak menaikkan tarifnya.

Dikarenakan konsumen dari Putra Remaja kebanyakan adalah mahasiswa yang melanjutkan studinya di Kota Yogyakarta. Putra Remaja melayani rute dari Yogayakrta menuju ke Lampung, Palembang, hingga Jambi.

"Sebelum lebaran belum naik. kebanyakan anak sekolah banyak yang ngekos di Yogyakarta pulang ke Sumatera," kata Misdiyono.

Saat ini tarif bus Putra Remaja tujuan Lampung Rp 500.000, Palembang Rp 600.000, dan Jambi Rp 650.000.

"Tarif naik saat setelah Lebaran tanggal 24 April mulai naik Lampung Rp 680.000, Palembang Rp 700.000, dan Jambi Rp 850.000," katanya.

Menurutnya bus menuju Sumatera sudah mulai penuh tiap harinya Putra Remaja dapat memberangkatkan sebanyak 15 bus dari Yogyakarta.

"15 April sampai Lebaran itu paling ramai sudah penuh semua tiap harinya 15 bus selama arus mudik," kata dia.

Salah satu penumpang bus di Terminal Giwangan Kasdri mengatakan dirinya akan mudik ke Riau dari Yogyakarta. Sampai saat ini tiket bus belum mengalami kenaikan harga.

"Saya sebenarnya kuliah di Malang, tapi ke Yogyakarta, ini mau pulang ke Riau belum naik harganya tetapi memang sudah banyak terbooking kursinya," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/12/154308078/mudik-lebaran-harga-tiket-bus-di-terminal-giwangan-yogya-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke