Salin Artikel

Kecelakaan Maut di Tol Pemalang-Batang, Sopir Truk Bahan Kimia Diduga Alami "Microsleep"

KOMPAS.com - Kecelakaan antara truk bermuatan pasir dengan truk gandeng pengangkut bahan kimia terjadi di KM 312+400 jalur B, Desa Sitemu, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Akibat kecelakaan yang terjadi pada Selasa (4/4/2023) siang itu, tiga orang dinyatakan meninggal dunia.

Manajer Teknik dan Operasi PT Pemalang Batang Tol Road, Yulian Fundra Kurnianto membenarkan soal adanya kecelakaan maut itu.

"Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 10.18 WIB, di KM 312+400 B. Dari kejadian ini, tiga orang meninggal dunia," kata Yulian, dikutip dari TribunJateng.com, Selasa (4/4/2023).

Yulian menjelaskan, dua korban tewas di lokasi kejadian, sedang satu orang lainnya meninggal dunia di Rumah Sakit Islam Al Ikhlas Pemalang.

"Untuk truk bermuatan pasir ini bernomor polisi B 9848 FD, sedangkan untuk truk yang bermuatan kimia dengan jerigen plastik tidak diketahui plat nomornya karena sudah terbakar," ujar Yulian.

Dia menambahkan, kecelakaan ini diduga akibat pengemudi truk bermuatan bahan kimia mengalami microsleep, kemudian mobil yang dikendarainya menabrak truk yang ada di depannya.

Kecelakaan tersebut juga sempat menyebabkan kemacetan sepanjang sekitar 5 Km dari lokasi kejadian, tepatnya dari KM 317 jalur B hingga KM 312.

Penjelasan polisi

Sementara itu, Kapolres Pemalang, AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya menyampaikan, pihaknya kini masih melakukan identifikasi jenazah korban serta olah tempat kejadian perkara (TKP).

Pihaknya menduga, kecelakaan terjadi karena truk yang menabrak tidak bisa menahan laju kendaraannya saat truk Fuso berhenti di jalur kiri.

"Kondisi lalu lintas saat itu normal, sehingga laju kendaraan truk gandeng yang belum diketahui nomor polisinya itu tidak mengetahui jika ada kendaraan truk Fuso bermuatan seperti pasir itu berhenti, dan kecelakaan pun tak terhindarkan," ucap Yovan, sebagaimana diberitakan regional.kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Identitas korban kecelakaan di Tol Pemalang

Sementara itu, Humas Rumah sakit Islam Al-Iklas Pemalang, Nana Wiryawan memastikan bahwa pihaknya menerima evakuasi korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

Nana menerangkan, dua orang yang meninggal di lokasi kejadian mengalami luka bakar 100 persen, sedangkan satu orang lainnya meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit.

Adapun identitas korban tewas yang telah diidentifikasi yaitu Kanim (49), warga Kampung Gombong, RT 02 RW 05, Kelurahan Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

"Dua korban (lainnya) kondisinya tidak utuh karena luka bakar 100 persen, tetapi 1 korban masih bisa diidentifikasi," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Pemalang, Dedi Muhsoni | Editor: Khairina), TribunJateng.com

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/04/201717178/kecelakaan-maut-di-tol-pemalang-batang-sopir-truk-bahan-kimia-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke