Salin Artikel

Ketika Mahfud Akui Indonesia Ada Dilema soal Piala Dunia U-20: Pilih Warisan Bung Karno atau Pergaulan Dunia

"Insya Allah sanksinya tidak akan sampai Indonesia tidak boleh ikut dalam kegiatan FIFA, tidak sampai itu," ujar Mahfud setelah isi ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (2/4/2023).

Ia juga meminta kepada masyarakat Indonesia dan para pemain sepak bola Indonesia agar memaklumi langkah yang diambil oleh pemerintah. Karena, pemerintah dalam keadaan dilema saat akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Kita dihadapkan pada dilema, ada semangat luar biasa yang diwariskan Bung Karno yang harus dipedomani. Bung Karno pada waktu itu terpaksa keluar dari PBB, tidak ikut FIFA tetapi membentuk GANEFO karena dia membela Palestina," jelas Mahfud.

Mahfud menjelaskan, pada saat itu Bung Karno mengakui Israel sebagai negara, tetapi Israel sebagai negara imperialis karena telah merampas hak-hak Palestina dan mendiskriminasi Palestina.

"Selama Israel tidak memberi pengakuan dan tidak mengembalikan Palestina, maka Indonesia tidak pernah punya hubungan diplomatik. Itu sikap dasar Bung Karno pada Konferensi Asia Afrika, PBB, dan dalam kebijakan politik luar negeri yang dianut sampai sekarang," papar dia.

Namun, pada era sekarang menurut Mahfud ada kebutuhan baru yang tidak disangka-sangka. Yakni, Indonesia harus ikut dalam perdamaian dunia, pergaulan dunia internasional, antara lain di bidang olahraga.

"Nah, ini tuntutan bernegara sehingga kita ada dilema. Tentu dalam rangka pergaulan dunia yang aman damai ikut pesta sepak bola, tetapi di sisi lain dihadapkan pada diplomasi lalu tidak mudah pemerintah melakukan itu," bebernya.

Menurutnya pemerintah juga telah menguapayakan jalan tengah kepada FIFA yang tidak bersebrangan dengan prinsip Bung Karno.

"Tahun ini FIFA (Piala Dunia) tidak jadi di Indonesia dan sudah diusahakan jalan tengah dengan prinsip bung karno," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/04/03/074103878/ketika-mahfud-akui-indonesia-ada-dilema-soal-piala-dunia-u-20-pilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke