Salin Artikel

Cegah Kejahatan Jalanan di Yogyakarta Saat Ramadhan, Polresta Razia di Jam Rawan dan Larang Perang Sarung

"Kami akan melaksanakan kegiatan patroli di saat jam rawan, mungkin saat habis tarawih atau menjelang sahur," ujar Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Saiful Anwar, Kamis (23/3/2023).

Razia dan patroli akan dilakukan di lokasi-lokasi yang dinilai rawan karena ini menjadi konsentrasi dari Polresta Yogyakarta, untuk antisipasi terjadinya kejahatan jalanan saat malam hari di bulan puasa.

Pihaknya tidak melarang masyarakat untuk melaksanakan sahur on the road, tetapi wajib untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Mengingat, Yogyakarta merupakan kota wisata yang sedang tumbuh.

"Menjaga itu dengan harapan para wisatawan tetap datang ke Jogja dan ini tentunya akan berdampak positif pada pertumbuhan maupun perekonomian Jogja," ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan antisipasi kejahatan jalanan tak hanya pada saat bulan Ramadhan saja, tetapi juga telah dilakukan pada bulan sebelumnya.

"Tidak hanya bulan puasa bulan-bulan yang lain pun kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjauhi provokasi dari hal-hal seperti itu," kata dia.

Ditambah, saat ini Pemkot Yogyakarta memiliki regulasi atau perwal soal jam malam bagi anak-anak.

"Kami regulasinya juga sudah ada untuk anak-anak untuk perwal jam malam. Apalagi nuansanya saat ini bulan ramadhan to untuk mereka dengan keluarganya berkumpul dengan ibadahnya," kata dia.

Saat Ramadhan ini perang sarung sering menjadi pemicu keributan atau tawuran oleh sebab itu Sumadi meminta masyarakat untuk tidak melakukannya.

"Kami sampaikan untuk tidak dilakukan lah," tutup Sumadi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/23/144807278/cegah-kejahatan-jalanan-di-yogyakarta-saat-ramadhan-polresta-razia-di-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke