Salin Artikel

Masjid UGM Pastikan Tak Akan Undang Anies dan Ganjar untuk Isi Acara Ramadhan, Ini Alasannya

Hal ini berbeda jika dibandingkan tahun lalu, kedua tokoh tersebut masih diundang ke UGM. Pihak Masjid UGM mengatakan tahun politik menjadi alasan kedua tokoh itu tak diundang kembali.  

"Bukannya kami tidak kau undang, tapi tokoh-tokoh ini berada di dalam pergulatan atau percaturan politik dalam pemilihan presiden. Jadi, (nanti) kami dianggap seperti menyediakan forum kampanye," kata Ketua Takmir Masjid UGM Rizal Mustansyir, Selasa (21/3/2023).

Dia mengatakan pihak Masjid UGM sebenarnya ingin mengundang kedua tokoh tersebut tetapi untuk menanggung konsekuensinya sangat sulit.

"Iya makanya, kita juga harus tahu ya bahwa politik itu bisa berlapis-lapis seperti yang dikatakan Pak Mahfud. Ada politis dalam tataran yang sangat intelektual bisa kita bicarakan secara dengan kepala dingin. Tapi juga ada politik yang praktis yang kalau kita bicarakan kepala dingin banyak yang kepalanya panas kan susah juga jadinya," jelasnya.

Terlebih, pengalaman pada tahun lalu saat kedua tokoh tersebut datang menjadi penceramah, pihak Masjid UGM kesulitan mengatur massa yang datang.

"Yang kemarin itu kita mengendalikan sulit setengah mati. Tidak mudah. Iya lah (antusias) bisa dimaklumi," ujarnya.

Pada Ramadhan tahun ini tokoh-tokon yang hadir sebagai pembicara yaitu Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud MD hingga Menkes Budi Gunadi Sadikin.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/21/205646278/masjid-ugm-pastikan-tak-akan-undang-anies-dan-ganjar-untuk-isi-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke