Salin Artikel

Warga yang Hilang di Sungai Progo Bantul Saat Menjaring Ikan Ditemukan Tewas

"Korban sudah ditemukan kondisis meninggal dunia," kata Humas Basarnas Kantor Yogyakarta, Pipit Eriyanto dalam keterangan tertulis dikutip Kamis.

Dikatakannya, kronologi penemuan yakni saat tim SAR Gabungan yang tergabung dalam Search and Rescue Unit (SRU) melihat benda mengapung di permukaan air Sungai Progo pada pukul 14.40 WIB.

"Korban ditemukan sekitar 1 km sebelah selatan dari lokasi tenggelam kemarin," kata Pipit.

Pipit mengatakan, korban lalu dievakuasi menggunakan perahu karet dan langsung dibawa ke rumah duka. "Korban sudah dibawa ke rumah duka," kata dia.

Sebelumnya,  Tim SAR Gabungan melakukan pencarian seorang warga yang tenggelam di Sungai Progo, Padukuhan Sapuangin, Kalurahan Trimurti, Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Selasa (15/3/2023).

Humas Basarnas Kantor Yogyakarta, Pipit Eriyanto menyampaikan, korban hilang di sungai Progo atas nama Haryono (50), warga Ringinharjo, Bantul.

"Untuk kronologi korban dan 3 kawannya sedang menjaring Ikan. Kemudian korban terpeleset dan terbawa arus," kata Pipit dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (15/3/2023).

Dikatakannya, Pihaknya menerima informasi kondisi membahayakan manusia terhadap Haryono dari Pusdalops BPBD Bantul.

"Petugas siaga menerima informasi dari Pusdalops BPBD Bantul yang melaporkan pada pukul 16.00 WIB," kata Pipit.

Berdasarkan hasil koordinasi SAR gabungan, untuk upaya pencarian terhadap Haryono membagi dua Search and Rescue Unit (SRU)

Untuk SRU I melaksanakan pencarian dengan perahu karet dan jalur darat tepi sungai sejauh 200 m dari lokasi awal.

Untuk SRU II melaksanakan pencarian dengan menggunakan aqua eye dan USD (Under water Search Device) dengan jarak 50 m dari lokasi dan akan dilakukan penyelamaan ketika ditemukan tanda korban.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/16/175204978/warga-yang-hilang-di-sungai-progo-bantul-saat-menjaring-ikan-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke