Salin Artikel

Jokowi Minta Bulog Maksimal Serap Gabah Petani

Itu disampaikan Jokowi saat meresmikan pabrik penggilingan padi atau modern rice milling plant (MRMP) di Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Sabtu (11/3/2023).

Jokowi mengingatkan, saat ini telah memasuki panen raya 2023, yang sudah dimulai di Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Ngawi serta wilayah lainnya.

"Dua hari yang lalu di Kebumen. Kemudian tadi pagi Kabupaten Ngawi, semua mulai panen raya. Kemudian tadi pagi semua, telah mulai panen raya untuk tahun ini," kata Jokowi, saat di MRMP Sragen, Sabtu (11/3/2023).

Seiring dengan panen raya, Jokowi juga memerintahkan Kepala Bulog Budi Waseso untuk menyerap hasil penen petani secara maksimal.

"Sebanyak-banyaknya menyerap gabah kepada petani dengan Arga GKP (Gabah Kering Panen) yang nanti disampaikan tentukan oleh Kepada Badan Pangan Nasional," tegasnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya keseimbangan harga gabah bagi petani, penjual, dan masyarakat.

"Kita ingin agar harga di petani itu wajar. Kemudian harga di pedagang itu juga wajar dapat untung semuanya, dan harga konsumen harga di masyarakat juga pada posisi yang wajar," jelasnya.

"Menjaga keseimbangan inilah yang tidak gampang sebab itu tahun ini saya perintahkan kepada Bulog untuk bersiap (terget) dengan angka 2,4 juta ton sehingga akan membawa stabilitas harga kita lebih baik," tegasnya

Selain MRMP Sragen, terdapat sejumlah MRMP seperti halnya di Kabupaten Subang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Karawang, Kabupaten Lampung, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Magetan.

Saat meresmikan, Presiden didampingi Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol Ahmad Lutfhi.

Lalu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati serta Komandan Resor Militer (Danrem) 074/Warastratama Surakarta Kolonel Inf. Anan Nurakhman.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/11/114547178/jokowi-minta-bulog-maksimal-serap-gabah-petani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke