Salin Artikel

Jelang Ramadan, AHY Ziarah ke Makam Sarwo Edhie Wibowo di Purworejo

PURWOREJO, KOMPAS.com- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berziarah ke makam kakeknya, Sarwo Edhie Wibowo di Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

AHY diketahui melakukan ziarah mewakili keluarga besar Yudhoyono yang tak dapat hadir secara langsung pada Kamis (9/3/2023) sore.

AHY menyebut, kegiatan ziarah ini rutin dilakukan keluarga Yudhoyono sebelum bulan Ramadan tiba.

"Tadi pagi saya berkegiatan di Kebumen dan sekarang perjalanan menuju Solo. Untuk itu kami sempatkan berziarah ke makam eyang kami. Sebelum masuk bulan Ramadan bagus sekali untuk nyekar (ziarah)," kata AHY usai berziarah pada Kamis (9/3/2023).

AHY hadir beserta rombongan keluarga dan sejumlah pengurus Partai Demokrat.

Ziarah makam ini berlangsung di sela kegiatan AHY berkunjung ke Solo Jawa Tengah.

AHY berziarah didampingi Bupati Purworejo Agus Bastian, DPR RI fraksi Partia Demokrat Bramantyo Suwondo dan Ketua DPC Partai Demokrat Yophi Prabowo.

Kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat ini juga membuat warga sekitar lokasi makam penasaran.

"Kita (Partai Demokrat) akan terus menjadi bagian untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Purworejo," kata AHY.

Agus Harimurti Yudhoyono dan rombongan tiba di makam Sarwo Edhie Wibowo sekitar pukul 15.00 WIB sore.

Dalam kunjungan ke makam tersebut, AHY tampak penuh hormat dan mengucapkan doa untuk almarhum Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo.

Dia juga menaburkan bunga di sekitar makam dan mengheningkan cipta selama beberapa saat untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Diketahui, Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Beliau berjuang dalam beberapa operasi militer untuk mempertahankan wilayah Indonesia.

Jenderal Sarwo Edhie Wibowo juga ikut ambil bagian dalam Operasi Trikora di Papua pada tahun 1962 dan Operasi Dwikora di Timor Timur pada tahun 1975.

Dia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Irian Jaya dan Menkopolkam pada masa Orde Baru.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/09/194757078/jelang-ramadan-ahy-ziarah-ke-makam-sarwo-edhie-wibowo-di-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke