Salin Artikel

Fakta di Balik Anggota TNI Acungkan Sangkur ke Pengemudi Sienta, Berdamai hingga Pemicu Cekcok

KOMPAS.com - Kasus oknum anggota TNI keluarkan sangkur saat cekcok dengan pengemudi Sienta di Semarang, Jawa Tengah, sempat viral di media sosial.

Menurut Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) IV/Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, anggota TNI tersebut berinisial ES dan pengemudi Sienta berinisial NH (51).

ES merupakan anggota TNI Kodim 0733/Kota Semarang. Bambang menyebut, ES terpancing emosi dan mengeluarkan sangkur.

Senjata tajam jenis sangkur, kata Bambang, merupakan kelengkapan baju dinas (PDL).

Pemicu cekcok

Bambang menjelaskan, cekcok antara ES dan SH di Jalan Gajah Mada, Jumat (3/3/2023), pukul 06.45 Wib.

Sebelumnya, ES dan SH terlibat salah paham saat perjalanan. ES yang mengendari Honda Freed B 1155 JA merasa dipepet oleh pengemudi Sienta.

"Anggota menyatakan bahwa kendaraan Toyota Sienta tersebut terus menghalanginya saat berada di sepanjang Jl Gajah Mada Kota Semarang sampai dengan belok ke kiri menuju Jl MH Thamrin," kata dia, Minggu (5/3/2023).

Lalu saat berhenti di lampur merah Jalan MH Thamrin, ES menghentikan SH dan cekcok pun tak terhindarkan.

"Sesampainya di traffic light Jalan MH Thamrin, anggota ES menghentikan mobilnya lalu menghampiri dan menegur NH dan terjadi cekcok mulut karena keduanya sama-sama merasa benar," ungkap Bambang, saat dikonfirmasi.

Berakhir damai

Setelah menjadi sorotan masyarakat, kedua pengemudi dipertemukan dan dilakukan mediasi. Keduanya pun sepakat untuk tidak melanjutkan kasus itu ke ranah hukum.

"Serta melakukan kesepakatan untuk tidak melanjutkan ke ranah hukum," ujar Bambang.

Dalam kesempatan itu, Kapendam pun mengingatkan masyarakat untuk saling menghormati dan menahan diri saat berkendara di jalan

"Sebagai warga negara, kita punya hak yang sama di manapun berada termasuk di jalan raya," katanya dilansir dari Tribunnews.com.

"Mari saling mengingatkan sesama pengguna jalan raya agar berperilaku baik saat berkendara serta mematuhi peraturan lalu-lintas yang berlaku," paparnya. (David Oliver Purba).

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul: Inilah Sosok ES Anggota TNI Arogan Ngamuk dan Acungkan Sangkur ke Pengendara di Semarang

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/06/081001678/fakta-di-balik-anggota-tni-acungkan-sangkur-ke-pengemudi-sienta-berdamai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke