Salin Artikel

Nobar Laut Bercerita dan “Tur Buku KPG” Hadir Menyapa Warga Yogyakarta dan Solo

KOMPAS.com - Gramedia, Penerbit KPG, bersama Yayasan Dian Sastro, dan Cineria Film menggelar acara nonton bareng 'Laut Bercerita' di Yogyakarta pada Jumat (3/3/2023) dan Solo pada Senin (6/3/2023).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com dari Gramedia, di acara nobar 'Laut Bercerita Yogyakarta', KPG bekerja sama dengan tim Pameran Pekan Film (Parfim) dari Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta (STMM “MMTC” Yogyakarta).

Sementara, acara nobar Laut Bercerita di Solo bekerja sama dengan Bentara Budaya Solo dan Gramedia Solo Slamet Riyadi.

Kedua acara nobar ini menjawab antusiasme #SahabatLaut dan pembaca karya Leila Salikha Chudori lain di sosial media.

Acara ini juga merupakan upaya Gramedia yang pada perayaan usia ke-53 tahun ini mengusung tema #lebihdekat.

Selain nobar, perjalanan KPG di Yogyakarta dan Solo juga dapat diikuti melalui acara bincang buku mengupas novel-novel berlandaskan kisah nyata, seperti Bui karya Alan TH dan Re: dan peREmpuan karya Maman Suherman.

Acara ini berlangsung dalam tiga hari di tiga tempat berbeda (27 Februari-1 Maret) dengan menghadirkan dua penulis: Maman Suherman (penulis dan pegiat Literasi) dan Alan TH (penulis novel Sungging), serta aktor kawakan Tyo Pakusadewo yang menjadi inspirasi penulisan novel Bui.

Pada 27 Februari 2023, Penerbit KPG bersama Alan TH dan Tyo Pakusadewo menggelar Monolog dan Diskusi Buku Bui dalam rangkaian Pameran Tunggal Suharmanto di Jogja Gallery.

Bui adalah sebuah novel semibiografi yang cukup ramai menjadi perbincangan berbagai kanal podcast di Youtube.

Dengan mengangkat lika-liku kehidupan Tyo Pakusadewo, aktor senior Indonesia yang terjerat dalam dunia gelap narkoba, Bui menampilkan refleksi mendalam tentang carut marut, tindak zalim, dan makna yang kabur akan praktik peradilan Indonesia.

Buku ini juga mengungkap kejahatan besar dan terorganisir yang merajalela di Tanah Air, namun tak pernah terlihat wujud utuhnya.

Kemudian, pada 28 Februari 2023 di Gramedia Sudirman Yogyakarta, Alan TH dan Tyo Pakusadewo bersama Maman Suherman membahas karya-karya buku mereka yang viral dengan tema #BincangBuku “Fiksi tentang Apa-apa yang Nonfiksi”.

Acara #BincangBuku ini juga akan terselenggara di Gramedia Solo Slamet Riyadi pada 1 Maret 2023, menghadirkan Maman Suherman sebagai narasumber utama.

Acara ini akan membahas karya-karya viral dari Maman Suherman, salah satunya novel Re: dan Perempuan (KPG, 2021).

Novel ini merupakan penyatuan dari dua novel dengan judul sama, mengangkat isu kemanusiaan dari kehidupan perempuan malam bernama Rere, yang karena stigma masyarakat, sampai akhir hayatnya tak dapat memeluk putri semata wayangnya, Melur.

Meski ditulis sebagai novel, Re: adalah sosok yang nyata dan sangat berjasa bagi Kang Maman.

Berkat Re:, Kang Maman dapat menyelesaikan tugas akhir kuliahnya.

Berdasarkan permintaan Re: juga Kang Maman menulis novel Re: (KPG, 2014) dan peREmpuan (KPG, 2016), kisah di balik layar sekaligus sekuelnya Re;nkarnasi (KPG, 2020), dan buku puisi Perempuan Jika Itulah Namamu (Grasindo, 2018).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara tur buku KPG dan Nobar Laut Bercerita di daerah kota Yogyakarta dan Solo, silakan kunjungi akun Instagram @penerbitkpg atau klik tautan berikut:

https://sites.google.com/kepustakaanpopulergra.media/info/info/info-acara?authuser=0.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/03/02/215613978/nobar-laut-bercerita-dan-tur-buku-kpg-hadir-menyapa-warga-yogyakarta-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke