Salin Artikel

Asyik Memperbaiki Sepeda Motor, Warga Bantul Kaget Ada Ular Besar di Ventilasi

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan kemunculan ular diketahui pertama oleh warga bernama Prasetyo Putro Adi.

Awalnya, Prasetyo sedang memperbaiki sepeda motor di salah satu kios di Jalan Kemasan No 27, Perang Wedanan, Kalurahan Potorono, Banguntapan.

Saat memperbaiki motor itulah, dia melihat benda berada di ventilasi udara, dan setelah didekati ternyata ular sanca.

"Setelah dicek mendekat ternyata ular di ventilasi kios," kata Irawan saat dihubungi melalui telepon Selasa.

Dikatakannya, Putro langsung menghubungi BPBD Bantul, dan petugas Damkarmat datang ke lokasi. Petugas langsung mengevakuasi ular dan diketahui panjangnya 3 meter.

Petugas yang sudah berpengalaman, dan terlatih untuk menangani ular, langsung menangkap kepala ular, lalu menariknya keluar ventilasi udara. "Ular sanca panjangnya 3 meter," kata Irawan.

Irawan mengatakan, ular langsung dibawa ke Pos Damkarmat Bantul, di Kapanewon Banguntapan. Untuk sementara ular disimpan petugas.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, karena ular biasanya mencari tempat kering saat musim penghujan. Warga diimbau untuk menjaga kebersihan sekitar rumahnya.

Jika menemukan reptil atau hewan liar, BPBD Bantul memiliki hotline di nomor 0274-6462100 atau melalui call center 112.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/28/105854478/asyik-memperbaiki-sepeda-motor-warga-bantul-kaget-ada-ular-besar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke