Salin Artikel

Kecelakaan Maut di Tol Karangnyar, Polisi Duga Sopir Gus Afan Kelelahan, Ini Faktanya

KOMPAS.com - Kecelakaan maut di Tol Karanganyar menimpa rombongan Affan Mufti Hartoni atau Gus Afan, Sabtu (25/2/2023) pukul 03.05 Wib.

Sebanyak empat orang meninggal dalam kecelakaan maut di Tol Karangnyar, tepatnya di Km 512.8 di Jalur B wilayah Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tersebut. 

Menurut polisi, mobil Toyota Innova yang ditumpangi Gus Affan dan rombongan menabrak bagian belakang truk.

Diduga sopir Innova alami kelelahan dan kehilangan konsentrasi. Namun untuk penyebab pasti kecelakaan tersebut masih akan didalami.

"Soal penyebab kecelakaan masih menunggu olah TKP dari Satlantas Polres Karanganyar didampingi Dirlantas Polda Jateng dengan Tim TAA (Traffic Accident Analysis)," ujar Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito.

Data korban

Kecelakaan maut tersebut membuat keluarga dan masyarakat sekitar berduka. Jumlah total korban meninggal ada empat korban.

Mereka adalah putra, putri dan dua cucu seorang ulama sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Magelang, KH Muhammad Sholikun.

Mereka antara lain Affan Mufti Hartoni atau Gus Afan (putra KH. Muhammad Sholikun), Annisa Munasifah (putri KH. Muhammad Sholikun atau adik Gus Afan), Azmi Diva Fashiha (putri Gus Afan) dan Muhammad Amtsal Lu'lu' (putra Anisa Munasifah).

Sementara itu, ribuan pelayat menyambut menyambut iring-iringan mobil ambulans yang mengantar jenazah para korban.

Jenazah sempat disemayamkan di Rumah Sakit (RS) Moewardi Solo dan tiba di rumah duka sekitar pukul 14.00 Wib.

Proses pemakaman dihadiri sejumlah pejabat pemerintah daerah setempat, antara lain Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kapolresta Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono, Dandim 0705/Magelang, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

"Almarhum dan almarhumah meninggal dalam perjalanan dalam rangka mengantarkan putra-putri mereka menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah. Ini pula menjadi suri tauladan bagi kita semua," ucap Bupati Magelang Zaenal Arifin, dalam sambutan penghormatan sebelum prosesi pemakaman para jenazah.

Kronologi

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Innova bernomor polisi AA 933 FK dikendarai oleh AA melaju dari arah Timur ke barat.

Lalu di depan Innova ada sebuah Truk tronton Hino. Saat melaju tiba-tiba sopir Innova menabrak bagian belakang truk tersebut.

"Sesampainya di TKP diduga pengemudi Toyota Inova kelelahan dan mengantuk, kemudian menabrak bagian belakang sebelah kanan truk Tronton Hino. Mengakibatkan kecelakaan tersebut," kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Aliet Alphard.

Rombongan Gus Affan tersebut diketahui dalam perjalanan pulang usai mengikuti pengajian di Tulungagung.

(Penulis : Kontributor Magelang, Ika Fitriana | Editor : Dita Angga Rusiana, Muhammad Syahrial)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/26/121946278/kecelakaan-maut-di-tol-karangnyar-polisi-duga-sopir-gus-afan-kelelahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke