Salin Artikel

Dosen Ahmad Munasir Rafie Hilang, UII Kirim Surat ke Interpol untuk Menerbitkan Yellow Notice

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta terus berupaya untuk menemukan salah satu dosen, Ahmad Munasir Rafie Pratama yang tidak diketahui keberadaanya setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Fathul Wahid mengatakan, untuk menemukan Ahmad Munasir Rafie Pratama, UII terus menjalin berkomunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul.

"Yang Kami lakukan adalah meneruskan komunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul yang sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat," ujar Fathul dalam keterangan tertulis, pada Sabtu (18/2/2023).

Fathul menyampaikan, mengajukan permohonan perlindungan untuk Ahmad Munasir Rafie Pratama. UII mengajukan permohonan melalui Kementerian Luar Negeri.

"Kami juga mengajukan permohonan perlindungan Ahmad Munasir Rafie Pratama melalui Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri RI," ujar dia.

Selain mengajukan permohonan perlindungan, UII juga mengirimkan surat ke Interpol.

Berbagai upaya ini ditempuh demi menemukan Ahmad Munasir Rafie Pratama.

"Mengirimkan surat kepada Sekretaris NCB-Interpol Indonesia untuk menerbitkan Yellow Notice untuk pencarian orang hilang," ujar dia.

Dari jejak digital, Ahmad Munasir Rafie Pratama terdeteksi berada di Istanbul, Turkiye.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki," ujar Fathul.


Jejak digal tersebut berupa rekaman aktivitas sign out Google Drive yang terjadi pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat.

Selain itu, dari jejek digital diketahui Ahmad Munasir Rafie Pratama sempat terhubung internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII.

Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023.

Kepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan pihak imigrasi di bandara Oslo menunjukkan Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah tidak berada di wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Fathul menyampikan, belum dapat memastikan apakah Ahmad Munasir Rafie Pratama telah meninggalkan Istanbul.

Guna untuk memastikan, pihaknya masih menunggu informasi dari Turkish Airline.

"Sampai saat ini, kami belum dapat memastikan apakah Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh. Informasi status boarding yang masih kami tunggu dari Turkish Airline, akan mengungkap dengan lebih jelas," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/19/081318978/dosen-ahmad-munasir-rafie-hilang-uii-kirim-surat-ke-interpol-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke