Salin Artikel

Hujan Deras, Aliran Sungai Bawah Tanah Pantai Baron Gunungkidul Meluap

"Sejak semalam airnya meluap," kata Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Dikatakannya, fenomena seperti ini biasa terjadi jika wilayah Gunungkidul terjadi hujan dengan intensitas tinggi, dan sungai yang bermuara di Pantai Baron akan meluap.

Luapan aliran yang cukup deras keluar dari bukit karst dan aliran mirip air terjun. "Tadi sudah diimbau untuk wisatawan ataupun warga agar tidak terlalu dekat," kata dia.

"Sebenarnya malah menarik untuk foto, karena fenomena ini kan tidak terjadi setiap hari, asal tidak terlalu dekat," kata dia.

Suris mengatakan, luapan air sungai bawah tanah dalam tahun ini sudah sering terjadi, karena cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Gunungkidul.

"Tahun ini terjadi sudah beberapa kali, dan tergolong sering," kata dia.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Marjono menambahkan, luapan aliran sungai bawah tanah menyebabkan warna air di pantai Baron berubah coklat.

Nantinya jika kondisi cuaca membaik, dan hujan deras tidak turun hujan deras maka aliran air kembali normal. "Fenomena biasa saat terjadi hujan deras," kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada wisatawan untuk tidak bermain di kawasan sungai karena cukup dalam.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/16/092138078/hujan-deras-aliran-sungai-bawah-tanah-pantai-baron-gunungkidul-meluap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke