Salin Artikel

Talut di Gunungkidul DIY Longsor, 2 Rumah di Klaten Jateng Terdampak

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sumadi mengatakan hujan deras terjadi sejak Selasa (14/2/2023) malam hingga Rabu (15/2/2023) pagi dan menyebabkan sejumlah wilayah dilanda longsor.

Dari data sementara diketahui ada delapan laporan longsor yang masuk. Adapun empat di antaranya berupa longsor. Sementara sisanya tanah bergerak, serta pohon dan tiang listrik tumbang.

"Proses pendataan masih terus berlangsung," kata Sumadi saat dihubungi melalui telepon Rabu.

Dikatakannya, dua titik longsor terjadi di wilayah Patuk yaitu Kalurahan Terbah dan Nglegi, dan berada di Pengkol, Kapanewon Nglipar, dan Kapanewon Gedangsari.

Selain itu, tanah bergerak di Kapanewon Wonosari. Lalu pohon tumbang di Watu Pogok dan tiang listrik ambruk di Kalurahan Pengkok, Patuk.

"Saat ini tim masih proses sesmen, dan tim TRC sudah ke lokasi," kata dia.

Panewu Patuk, Martono Imam Santoso mengatakan, tebing setinggi sekitar 10 meter di Padukuhan Karangsari, longsor menimpa kandang ternak. Longsor tersebut mengakibatkan seekor sapi mati. Pemilik sapi bernama Mugiyo menderita kerugian sekitar Rp 30 juta.

Sementara itu, Kapolsek Gedangsari AKP Suryanto mengatakan, talut di Padukuhan Nglengkong, Kalurahan Serut, juga mengalami longsor. Akibatnya, dua rumah milik warga Klaten, Jawa Tengah, terdampak longsor. 

Diketahui wilayah Klaten yang terdampak longsor talut di Gunungkidul berada di Dusun Bometen, Gantiwarno. Wilayah tersebut merupakan perbatasan antara Provinsi DIY dan Jawa Tengah.

"Kejadian talut jalan ambrol panjang 38 meter tinggi 5 meter, keluarga terdapak 2 KK," kata Suryanto.

Banjir Sudah Surut

Sementara pada bagian lain, banjir yang sempat menggenangi sejumlah wilayah dan sekolah di Kapanewon Girisubo, sudah surut pada Selasa (14/2/2023) petang. Banjir sebelumnya sempat merendam SMP N 1 Girisubo, SDN Pucung, dan SD Kandri di Kapanewon Girisubo.

"Sudah surut, sekolah sudah belajar mengajar seperti biasa," kata Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul Nunuk Setyowati.

Panewu Girisubo Slamet Winarno mengatakan beberapa lokasi terendam banjir seperti di Nglindur Kulon, Tileng, dan sejumlah sekolah sudah surut.

"Rata-rata gedung sekolah dulunya bekas telaga yang mati (sudah tidak bisa menampung air)," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/15/190038178/talut-di-gunungkidul-diy-longsor-2-rumah-di-klaten-jateng-terdampak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke