Salin Artikel

Selamat Jalan Aji Rachmat Purwanto, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia yang Meninggal Digigit King Cobra

KOMPAS.com - Musibah tragis dialami Aji Rachmat Purwanto, salah satu pendiri sekaligus Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia.

Aji meninggal dunia setelah tergigit ular king cobra.

Aji sempat dilarikan ke rumah sakit setelah kejadian, namun menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (14/2/2023).

"Beliau ditakdirkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala meninggalkan kita semua pada 14 Februari 2023 dini hari waktu setempat," kata Pembina Yayasan Sioux Ular Indonesia Edwin Firdiansyah, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2/2023).

Kejadian yang dialami almarhum terjadi saat sedang mengisi basic training muscle (BTM), pada 12 Februari 2023 di Banjarmasin.

Pendiri Sioux Indonesia ini sempat dirawat di ICU rumah sakit setempat didampingi oleh keluarga dan teman-teman organisasi. Namun, 2 hari setelah perawatan, Aji meninggal dunia. 

"Bahwasanya benar, salah satu pendiri Sioux Aji Rachmat Purwanto telah mengalami musibah tergigit ular King Cobra tanggal 12 Februari 2023 di Banjarmasin ketika sedang mengisi acara basic training muscle (BTM) dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat," ujar dia.

Pengurus yayasan, rekan-rekan muscle (anggota Sioux), kolega dan jejering lain telah berusaha sekuat tenaga membantu keluarga dalam upaya menyelamatkan Aji.

Bantuan diberikan baik secara personal maupun organisasi melalui berbagai macam cara dan upaya. Namun, takdir berkata lain. 


"Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memgampuni Beliau, dan menerima segala kebaikan yang telah Beliau lakukan selama hidupnya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran," ujar dia.

Dari data yang disampaikan oleh Muscle Sioux Rizky Akbar sebagai perwakilan narahubung, Sioux didirikan pada 23 November 2003 di Gedung Kwartir Nasional Jalan Merdeka Barat Jakarta.

Sioux didirikan oleh empat orang yakni Aji Rachmat Purwanto, Edwin Firdiansyah, Irwan Febriansyah dan Lydia.

Kemudian, pada tahun 2010, menjadi Yayasan Sioux Ular Indonesia dengan dewan pembina Edwin Firdiansyah, dewan pengawas Irwan Febriansyah.

Sedangkan dewan pengurus, sebagai ketua Aji Rachmat Purwanto, sekretaris Lil Hollilah dan sebagai bendahara Dian.

Misi Yayasan Sioux Ular Indonesia menjadi lembaga yang mapan dan mandiri di bidang studi ular untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap ular dengan jalan merubah paradigma masyarakat tentang ular sehingga ular dapat terhindar dari ancaman kepunahan akibat ulah manusia.

(KOMPAS.COM/WIJAYA KUSUMA | EDITOR: KHAIRINA)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/15/165447378/selamat-jalan-aji-rachmat-purwanto-ketua-yayasan-sioux-ular-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke