Salin Artikel

Rumah Pasangan Lansia Terbakar Ketika Ditinggal ke Ladang, Diduga Api dari Bara Tungku yang Tidak Dimatikan

Pasangan lanjut usia menghuni rumah itu, yakni Sutomaryono (78) dan Sumarti (65). Kedua lansia sedang ke kebun ketika rumah mereka habis terbakar.

“Mereka tidak berada di rumah saat itu. Semua penghuni sedang pergi ke ladang,” kata Dukuh (kepala dusun) Jeruk, Sarjono di ujung telepon, Kamis (10/2/2023).

Kebakaran diduga karena bara api di tungku menyambar sejumlah barang mudah terbakar di dalam dapur, seperti sabut kelapa, daun kelapa kering dan dinding kayu.

Sumarti baru selesai memasak ketika itu. Ia tidak langsung mematikan bara, tapi meletakkan ketela di atas tungku untuk dijadikan bahan membuat gaplek.

Kedua lansia merupakan petani yang hari-hari bekerja di ladang untuk menghasilkan empon-empon dan bahan jamu. Hasil ladang dijual ke pasar.

Rumah kedua lansia itu terdiri dua bagian. Rumah bagian depan sebagai ruang utama sedangkan bagian belakang yang luas untuk kegiatan sehari-hari, seperti memasak dan kadang tidur dekat tungku yang hangat.

“Rumah bagian belakang yang terbakar itu dipakai sebagai dapur. Rumah utama hanya kena sedikit,” kata Sarjono.

Warga melintas melihat kepulan asap, Kamis pagi. Ia segera mengabarkan ke warga sekitar untuk membantu memadamkan api. Namun, dapur tetap habis terbakar. Rumah utama juga terkena jilatan api. Semua barang di rumah bagian belakang habis terbakar, termasuk alat dapur, kasur dan dipan.

“Beruntung ada warga lewat yang melihat kebakaran. Kalau tidak ada yang lewat bisa habis terbakar karena tidak ada orang dalam rumah,” kata Eko, warga yang ikut membantu.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/09/174551878/rumah-pasangan-lansia-terbakar-ketika-ditinggal-ke-ladang-diduga-api-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke