Salin Artikel

Pendopo Balkondes di Borobudur dan Belasan Rumah Roboh Akibat Hujan Disertai Angin di Magelang

MAGELANG, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kecamatan Borobudur, Ngluwar dan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/2/2023) sore. 

Akibatnya, puluhan pohon tumbang hingga mengenai rumah warga di wilayah tersebut.

Bahkan, salah satu pendopo Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Kecamatan Borobudur, roboh rata dengan tanah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono menjelaskan, hujan disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.  

"Dampak (hujan deras diserta angin kencang) sejumlah pohon tumbah mengenai rumah. Jumlahnya sementara ada 17 kejadian, dengan kategori rusak sedang ada 2, rusak berat ada 2," kata Edi, saat dihubungi Selasa, (7/2/2023) malam.

"Terberat ada di wilayah Kecamatan Borobudur, tepatnya Balkondes Wanurejo, Kecamatan Borobudur, itu roboh," lanjut Edi. 

Pihaknya telah melakukan asesmen di beberapa titik lokasi bencana dan selesai sekitar 50 persen. Selebihnya akan dilanjutkan pada Rabu (8/2/2023) dengan kerja bakti pembersihan lokasi dan pembagian bantuan logistik.

Berdasarkan data yang diambil dari situs Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, wilayah yang terdampak hujan deras dan angin kencang meliputi wilayah Kecamatan Borobudur yakni Dusun Gombong, Kujon, Ngaran I, Tingal Wetan, Senderan, Tingal Kulon, Wagean, Sabrangrowo, Bumi Segoro, Tuksongo II, Maitan dan Brongkol. 

Kemudian wilayah Kecamatan Ngluwar meliputi Dusun Gondangan dan Curah Lor. Sedangkan di Kecamatan Salam terjadi di Dusun Glagah Desa Sirahan. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/07/232849778/pendopo-balkondes-di-borobudur-dan-belasan-rumah-roboh-akibat-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke