Salin Artikel

Jelang 1 Abad NU, Mahfud MD Kunjungi Pesantren di Gunungkidul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Menjelang 1 Abad Nahdlatul Ulama, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengunjungi Darul Qur'an Wal Irsyad, salah satu pondok pesantren terbesar di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dalam kunjungan ini, pesantren diajak untuk adaptasi perkembangan jaman.

"Nanti di masa depan, Indonesia diwarnai watak modernisasi beragama seperti NU, dan sekarang sedang geger hari ulang tahun (NU) di Surabaya saya masuk dulu ke yunior di desa seperti sekarang ke sini, nanti pada puncaknya juga ke surabaya untuk ikut meramaikan 1 abad NU," kata Mahfud ditemui di Pesantren Darul Qur'an, Minggu (5/2/2023).

Dikatakannya, satu abad NU harus tetap tetap berwatak pesantren di dalam berpolitik moderat, inklusif tetapi sekarang harus modern. Pendidikan pesantren mengikuti perkembangan zaman era revolusi industri 4 ini tidak bisa dihindari.

"Saya melihat beberapa pondok pesantren sudah adaptasi seperti di pondok pesantren Darul Quran (Darul Qur'an Wal Irsyad) kan sudah bagus tidak hanya pendidikan zaman dulu tetapi sudah dibekali ilmu pengetahuan seperti bahasa arab dan bahasa inggris sekolahnya sudah terbuka," kata Mahfud.

Mahfud mengaku berpesan kepada pemimpin pondok agar pesantren harus dikembangkan sesuai dengan watak pendirian asal pendiriannya untuk membangun kemasylahatan kemajuan bagi umat Islam yang bernegara merdeka.

"Tetapi di dalam negara merdeka itu inklusif dan cosmopolis istilah kerennya,"kata dia.

Dalam kunjungan hari ini, Mahfud bersama rombongan disambut disambut oleh KH. Kharis Masduqi dan pengurus Ponpes Darul Qur'an Wal Irsyad , hingga Bupati Gunungkidul Sunaryanta. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/05/155548878/jelang-1-abad-nu-mahfud-md-kunjungi-pesantren-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke