Salin Artikel

Sejumlah Jalan Menuju Obyek Wisata Gunungkidul Rusak

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian mengatakan pihaknya sudah melakukan survei di lapangan sejumlah jalan menuju destinasi wisata mengalami kerusakan. Adapun di antaranya di ruas Pantai Sadranan-Somadeng; Pantai Drini; Jungwok; Ngrenehan-Widodaren; Ngedan, Bukit Pengilon, Sedahan hingga Krokoh.

Kemudian jalan menuju Gua Cerme dan Gunung Ireng. Jalan masuk ke wisata air terjun Sri Getuk di Kalurahan Bleberan, Playen. Selain itu halan menuju ke Pantai Pok tunggal.

"Kita memetakan status jalannya, karena berkaitan dengan kewenangan. Apakah ini jalan desa, kabupaten, provinsi atau jalan nasional," kata Arif Saat dihubungi melalui telepon Jumat (3/2/2023).

Dikatakannya, pihaknya melakukan koordinasi dengan Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul untuk perbaikan jalan. Namun demikian, masih perlu melihat anggaran yang tersedia.

Adapun belum lama ini perbaikan di beberapa titik pantai Sadranan.

"Salah satu dari konsep 3A Pariwisata yaitu Aksebilitas, dengan adanya perbaikan beberapa ruas jalan harapannya meningkatkan kunjungan pariwisata," kata dia.

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul Wadiyana mengatakan, tahun ini mendapatkan Alokasi Dana Khusus (DAK) sebesar Rp15 miliar. Sesuai arahan dari pemerintah pusat untuk pembangunan sektor Kepariwisataan.

Adapun jalan wisata menuju ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Perbaikan pertama di ruas Tawang-Serut di Kapanewon Patuk dan Gedangsari senilai Rp9,2 miliar. Perbaikan ruas Sambipitu-Tawang, juga sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran.

Sisanya, sekitar Rp700 juta dipergunakan perbaikan di jalur Karangmojo-Semanu atau sekitar wisata ke Kalisuci.

"Memang bantuan DAK ada ada beberapa jalur wisata yang ini diperbaiki. Namun pagu anggaran belum bisa mengcover seluruh ruas jalan,"kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/03/140916678/sejumlah-jalan-menuju-obyek-wisata-gunungkidul-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke