Salin Artikel

Gugur Saat Bertugas di Papua, Letda Inf Ryan Alferio dimakamkan di Gunungkidul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Letda Infanteri Ryan Alferio Putra Perdana meninggal dalam tugas di Distrik Yambu,  Papua, Selasa (31/1/2023).

Jenazah Ryan sudah sampai di rumah duka, Padukuhan Playen I, Kalurahan Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Rabu (1/2/2023) petang.

Dari pengamatan Kompas.com, jenazah putra pertama dari Dandim Patuk Capten CHB Timotius Subanu dengan Sri, langsung dishalatkan oleh ratusan pelayat di Masjid Al-Islam, sekitar pukul 18.35 WIB.

Dilanjutkan dengan upacara penerimaan jenazah secara militer di rumah duka sekitar 50 meter dari masjid. Peti berbalut bendera Merah Putih dibawa perlahan saat hujan deras.

Perwakilan keluarga, Surahno menyampaikan, keluarga menerima kabar duka dari Papua, Selasa petang.

"Meninggal kecelakaan terpeleset di salah satu sungai kemudian terbawa arus, dikejar 15 menit baru ketemu," kata Surahno ditemui di rumah duka Rabu malam.

Sempat diberi pertolongan, namun Ryan mengembuskan nafas terakhirnya. Pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian lulusan Akmil 2020 itu.

"Kelurga sudah mengikhlaskan, Ryan itu sosok kebanggaan keluarga, mungkin juga Gunungkidul," kata dia.

Almarhum sebelum bertugas di Papua, menjalankan tugas di Aceh.

"Sebenarnya di Papua itu selesai Desember lalu, namun diperpanjang. Mungkin sudah nasibnya meninggal saat bertugas," kata Surahno.

Jenaaah rencananya akan dimakamkan di pemakaman Duwet, Playen II, pada hari Kamis (2/1/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/02/01/195459978/gugur-saat-bertugas-di-papua-letda-inf-ryan-alferio-dimakamkan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke