Salin Artikel

Buka Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, Sultan Ingatkan Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

Pada kesempatan itu Sultan mengingatkan masyarakat untuk terus selalu rukun menjelang pemilu 2024. Menurutnya, dengan bersama-sama menjaga kerukunan akan merasakan suasana kehidupan yang menandai keberagaman di Yogyakarta sebagai taman sarinya Indonesia.

"Suasana guyub rukun perlu dihidupkan menjelang pesta demokrasi 2024. Atas situasi itu berhati-hati dalam perkataan dan tindakan agar tidak disalahartikan," kata Sultan dalam sambutannya, Senin (30/1/2023).

Sultan menambahkan, jika perkataan dan tindakan tidak dijaga yang kemudian disalahartikan maka akan berakibat renggangnya kohesi sosial di DIY.

"PBTY saya anggap sebagai rintisan kultural kehidupan, berbangsa seiiring temanya (PBTY) Bangkit Jogja Ku untuk Indonesia," kata Sultan.

Selain itu, bagi Sultan, PBTY merupakan tempat peristirahatan untuk sejenak merenung kembali bagaimana membangun semangat Indonesia yang terlanda hawa panas, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

"Budaya jadi ciri suatu bangsa yang diperoleh poros belajar dan interaksi proses. Itu tentunya proses integratif dalam hidup penuh toleransi," kata dia.

Menurut Sultan, gelaran PBTY ini membuat perputaran ekonomi tidak hanya di lingkungan Kampung Ketandan, Kota Yogyakarta tetapi juga berdampak kepada masyarakat luas.

"PBTY dampak ekonominya tidak hanya berputar di Kampung Ketandan saja, tetapi jadi sarana mengurangi ketimpangan," katanya.

Sultan menambahkan pada Imlek kali ini memasuki tahun kelinci air. Menurutnya, dalam filosofis Tionghoa, air memberikan sikap kelembutan yang adaptif untuk memperkokoh persatuan di tengah Kebhinekaan.

"Dalam keadaan tenang air tidak menghancurkan. Andai ada batu, air melaluinya dengan luwes, air melewati halangan tanpa korban," kata Sultan.

"Tahun baru Imlek 2574 pada 22 januari 2023 lalu, baik kapasitas gubernur maupun pribadi, saya turut mengucapkan selamat. Semoga banyak rezeki. Gong Xi Fa Cai," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Jogja Chinese Art and Culture Center, Tandean Hary Setio mengatakan tahun 2023 sebagai tahun harapan setelah selama tiga tahun ini mengalami pamdemi.

"Harus bangkit mendukung satu sama lain. Jadi kekuatan yang tidak terbendung. Terutama ekonomi masyarakat DIY dan indonesia pada umumnya," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/30/234733278/buka-pekan-budaya-tionghoa-yogyakarta-sultan-ingatkan-jaga-kerukunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke