Salin Artikel

Truk Bermuatan Jagung Masuk Jurang 10 Meter di Gunungkidul

"Kejadian semalam (Minggu) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Kapolsek Ngawen, Harjiyanto saat dihubungi wartawan melalui telepon, Senin (30/1/2023).

Dijelaskannnya peristiwa ini bermula truk AD 1395 JM dikendarai Daryono (27) warga Sukodono, Sragen, Jawa Tengah mengangkut sekitar 10 ton muatan Jagung.

Truk melaju dari selatan atau Gunungkidul menuju ke utara wilayah Klaten, Jawa Tengah. Dari keterangan sopir saat menuruni Bundelan sudah menggunakan persneling rendah.

Namun karena turunan cukup curam, truk tetap berjalan dan rem tidak bisa menahan laju. Sopir membanting ke arah kanan, menabrak pembatas jalan, dan masuk ke jurang sedalam 10 meter.

Harjiyanto menduga truk kelebihan muatan, dan sudah tidak bisa dikendalikan saat berjalan menurun.

"Untuk sekitar Rp 30 juta karena kerusakan truk, belum termasuk muatan yang tumpah. Sopir dan kernet selamat dalam peristiwa ini," kata Harjiyanto.

Untuk truk saat ini diupayakan untuk dievakuasi dari dalam jurang, dan mengevakuasi muatan jagung.

Kepala Bidang Lalu Lintas, DInas Pehubungan Gunungkidul Bayu Susilo Aji menyampaikan jika tanjakan bundelan tergolong ekstrim dan tidak direkomendasikan untuk kendaraan berat.

Kendaraan besar direkmondasikan untuk melewati Candirejo, Semin atau Sambirejo, Ngawen. "Bundelan tidak disarankan untuk kendaraan besar," kata dia.

Pihaknya juga sudah memasang rambu peringatan agar kendaraan tidak melintas.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/30/111004478/truk-bermuatan-jagung-masuk-jurang-10-meter-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke