Salin Artikel

Menteri Basuki: Akan Ada Dapur Umum untuk Pekerja Konstruksi IKN, Tidak Akan Ada Warteg

Menteri Basuki Hadimuljono berujar, mulai Februari-Maret akan mulai masuk para pekerja konstruksi. Total ada sebanyak 16.000 pekerja konstruksi.

Para pekerja konstruksi ini akan tinggal di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ada 22 tower yang dibangun untuk HPK.

"Kira-kira total akan ada 16.000 pekerja konstruksi. Itu di sana (IKN) tidak boleh dengan bedeng-bedeng, semua masuk ke hunian pekerja. Jadi semua tertib dengan disiplin," ujar Basuki usai menghadiri focus group discussion "Isu Srategis Kebijakan dan Penyelenggaraan Pembangunan Ibu Kota Nusantara" di Gadjah Mada University Club (UC) Hotel UGM, Jumat (27/01/2023).

Basuki mengungkapkan, HPK di IKN bertujuan agar para pekerja bisa tinggal di hunian yang layak dan bersih. Selain itu agar kawasan IKN tetap bersih dan tidak kumuh.

"Ini sebenarnya di Migas sudah dilakukan lama tapi dikonstruksi sipil baru akan kita terapkan di IKN ini. Sehingga nanti tidak ada bedeng-bedang, enggak ada lagi misalnya kekumuhan, warteg-warteg," tandasnya.

Basuki Hadimuljono menegaskan, bukan bermaksud melarang warung-warung makan. Namun agar makanan bagi para pekerja konstruksi lebih higienis.

Bagi para pekerja konstruksi, lanjut Basuki, akan disediakan dapur umum.

"Bukan kita enggak boleh, bukan kita melarang, tidak memperhatikan, tetapi itu semua untuk higienis masuk ke dalam hunian dengan dapur-dapur umum yang lebih baik," tandasnya.

Sebanyak 16.000 pekerja ini akan membangun sejumlah insfrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka akan mengerjakan mulai dari Istana Presiden, kantor kementerian hingga jalan.

"Banyak. Itu tadi, di kantor-kantor presiden, istana presiden, kantor menko, kantor menteri, jalan-jalan, ada instalasi penjernih air, instalasi penjernih air limbah, jalan tol, jembatan-jembatan yang ada di situ. Jadi semua pekerjaan dasar," ungkapnya.

Beberapa tower HPK lanjut Basuki Hadimuljono saat ini sudah dihuni oleh ratusan pekerja konstruksi.

"Yang hunian pekerja sudah hampir selesai sudah 500 orang masuk menghuni di sana," ucapnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/28/070856878/menteri-basuki-akan-ada-dapur-umum-untuk-pekerja-konstruksi-ikn-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke