Salin Artikel

Satgas Pelaksana Pembangunan Targetkan 2024 Upacara HUT RI di IKN

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Ibu Kota Nusantra (IKN) berjalan sesuai jadwal.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, progres pembangunan IKN mencapai sekitar 14 persen.

"Ini Beliau ini Ketua Satgas Pembangunan, Beliau bilang sekitar 14 persen progres fisiknya. Secara keseluruhan," ujar Basuki usai menghadiri focus group discussion "Isu Srategis Kebijakan dan Penyelenggaraan Pembangunan Ibu Kota Nusantara" di Gadjah Mada University Club (UC) Hotel UGM, pada Jumat (27/1/2023).

Basuki menyampaikan, progres fisik tersebut antara lain land development, jalan logistik, jalan tol. Selain itu juga hunian dan kantor.

Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di IKN juga sudah hampir selesai.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan, progres pembangunan secara rata-rata sekitar 14 persen.

"(Progres) sekitar 12 -14 persen. Jadi begini, ada yang udah 100 persen, misalnya jalan logistik ada yang sudah 100 persen, bendungan itu sekitar 83 persen, jalan tol ada yang baru 2 persen, ada yang 6 persen, ada yang 3 persen," ucap Danis.

Danis mengungkapkan, secara rata-rata progres 12-14 persen juga termasuk pengerjaan-pengerjaan lainya.

"Yang mobilisasi yang pekerjaan tanah, dan sebagainya itu sudah sekitar itu," urai dia.

Pengerjaan pembangunan IKN, lanjut Danis, sudah on the track.

Danis menegaskan saat ini mengupayakan untuk target di semester 2 2024 bisa untuk melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"On the track. Begini, kami targetnya enggak tahunan, kami targetnya adalah di semester 2 2024 fungsional terutama yaitu target untuk melaksanakan upacara 17 Agustus. Jadi, kawasan istana dan sebagainya, nah ini yang sedang kami upayakan di 2024," ujar dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/27/223647978/satgas-pelaksana-pembangunan-targetkan-2024-upacara-hut-ri-di-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke