Salin Artikel

Atasi Kemiskinan di DI Yogyakarta, Sultan Wacanakan Beri Bansos Seumur Hidup

Sultan menyampaikan masyarakat miskin dapat digolongkan menjadi beberapa tipe, pertama adalah masyarakat yang sudah tua dan benar-benar tidak bisa bekerja, kedua masyarakat miskin yang bisa bekerja tetapi tidak memiliki modal usaha atau keterampilan kerja.

"Kira-kira yang umur 60 tahun lebih sampai 70 dia pendidikan mungkin hanya SD tidak punya fasilitas apa pun dia tidak bisa bekerja ya sudah dibantu wae sampai meninggal. Bantuan sosial begitu," kata dia.

Hanya saja, Sultan Hamengku Buwono X tidak menjelaskan secara spesifik bantuan apa yang bakal diberikan. Apakah bantuan tunai, atau kah pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

Saat ini kebijakan tersebut sedang dibahas dengan legislatif, memungkinkan atau tidak usul dari Pemerintah DIY untuk direalisasikan ke anggaran APBD.

"Itu coba saya dialogkan sama teman-teman di legislatif saya juga sudah bicara debgan pimpinan DPRD mau nggak DPRD membantu setuju nggak dengan sosial seperti itu," kata dia.

Menurut Sultan kebijakan pemberian bansos seumur hidup untuk pertama kali bisa diterapkan di dua kabupaten terlebih dahulu yaitu di Gunungkidul dan Kulon Progo. Sultan menambahkan masyarakat miskin yang sudah tidak bisa bekerja di DIY berkisar antara 3 - 4 persen.

"Pertama kita coba di Gunungkidul sama Kulon Progo dulu, seperti ini udah bantuan sosial seumur hidup kalau itu 3-4 psrsen saja," kata dia.

Ngarsa Dalem menambhakan untuk masyarakat miskin di luar lansia yang tidak bisa bekerja dapat dibantu dengan memanfaatkan tanah kas desa yang disewakan kepada masyarakat, dan uang sewanya dambil dari Dana Keistimewaan (Danais).

"Enggak punya uang, bisa pakai danais untuk menyewa tanah kas desa, dengan begitu dia bisa punya pendapatan," ujar dia.

Menurut Sultan tanah kas desa yang disewa dengan menggunakan danais ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat miskin untuk bertani, hingga ternak lele.

"Menggunakan tanah kas desa disewa mereka melalui danais yang akan kita bagikan perdesa Rp 1 miliar itu," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/25/153224278/atasi-kemiskinan-di-di-yogyakarta-sultan-wacanakan-beri-bansos-seumur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke