Salin Artikel

Kawasan Pertokoan di Jalan Perwakikan Malioboro Dibongkar dengan Alat Berat

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan pertokoan di Jalan Perwakilan, Malioboro, Kota Yogyakarta, mulai dibongkar dengan alat berat.

Pembongkaran area pertokoan ini dilakukan sejak kemarin Sabtu (21/1/2023) sore.

Pantauan Kompas.com pada Minggu (22/1/2023), pembongkaran dengan alat berat masih berlangsung hingga siang hari.

Pembongkaran dimulai dari sebelah timur menuju ke barat.

Seorang pekerja terlihat memotong besi rangka bangunan menggunakan las.

Terkait pembongkaran ini, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan, pihaknya tidak menargetkan kapan pembongkaran harus selesai.

Dia mengatakan, yang terpenting para pedagang sudah meninggalkan kawasan pertokoan Jalan Perwakilan Malioboro.

"Selanjutnya (setelah pembongkaran) teman-teman PU DIY, yang akan menata kawasan itu (Jalan Perwakilan)," ucap Sumadi, saat dihubungi, Minggu (21/1/2023).

Sumadi mengatakan, setelah selesai pembongkaran, nantinya akan dipasang pagar penutup, mengingat dengan dibongkarnya kawasan pertokoan Jalan Perwakilan membuat sisi timur gedung DPRD DIY terbuka.

"Sementara dipagar, nantinya untuk dibuat taman agar bagus," ucap dia.

Ia mendapatkan informasi setelah dibongkar kawasan ini akan menjadi taman yang nantinya sebagai pendukung Jogja Planning Gallery (JPG).


Untuk diketahui, pada tahun 2023 ini, JPG sedang dalam proses pembuatan Detail Engineering Desain (DED) yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya MIneral (PUP ESDM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pembangunan JPG diakukan setelah Kantor DPRD DIY dipindahkan ke Jalan Kenari, selain pemindahan kantor DPRD DIY untuk membangun JPG, Pemerintah DIY bakal merelokasi kembali pedagang kaki lima (PKL) yang menempati Teras Malioboro (TM) 2.

Sebelumnya, terdampak pembangunan Jogja Planning Galery (JPG), kantor DPRD Daerah Istimewa Yogykarta (DIY) pindah ke Jalan Kenari, Kota Yogyakarta.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menjelaskan pihaknya telah menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2022 lalu.

"Dokumen perencanaan sudah beres semua, studinya juga sudah matang tentang pemindahan itu karena Malioboro bukan kawasan perkantoran," katanya, Selasa (17/1/2023).

Menurut dia, pemindahan kantor DPRD DIY juga bertujuan agar jika terdapat demonstrasi tidak mengganggu Malioboro.

"Intinya Malioboro untuk kepentingan pariwista dan kebudayaan, mau dipindah ke Jalan Kenari itu. Sudah dilakukan studi penetapan lokasi tahun 2020," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/22/143547378/kawasan-pertokoan-di-jalan-perwakikan-malioboro-dibongkar-dengan-alat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke