Salin Artikel

Pimpinan UNY Minta Klarifikasi Penulis "Thread" Twitter Kisah Mahasiswi yang Meninggal saat Perjuangkan UKT

Rachmad merupakan teman almarhum RNF atau R. Melalui akun twitternya, Rachmad menulis thread kisah perjuangan temanya tersebut dalam membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

RNF atau R diketahui meninggal dunia pada 9 Maret 2022 lalu karena sakit.

Terkait hal tersebut, pimpinan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah bertemu dengan Rachmad Ganta Semendawi.

"Pimpinan UNY sudah bertemu dengan Saudara Rahmat Ganta Semendawi untuk klarifikasi," ujar Staf Ahli Bidang Hukum Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Anang Priyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (17/01/2023).

Anang mengatakan di dalam pertemuan itu, Rachmad Ganta Semendawi menjelaskan tulisanya di media sosial tidak menyatakan penyebab meninggalnya RNF atau R karena depresi saat sedang mengurus penurunan UKT.

"Saudara Ganta menyampaikan bahwa dalam tulisan di medsos pribadinya tidak pernah menyatakan bahwa penyebab meninggalnya Saudari Riska karena depresi saat sedang mengurus penurunan UKT. Saudara Genta sudah dan akan melakukan klarifikasi tentang hal tersebut," tuturnya.

Anang menyampaikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkomitmen untuk membantu mahasiswa yang memiliki kendala secara ekonomi dalam penyelesaian studi, sesuai prosedur dan data-data yang valid/terverikasi.

UNY bersifat terbuka atas masukan, saran, dan kritik serta berkomitmen melakukan peningkatan layanan dan tata kelola dengan mengutamakan transparansi dan akuntabilitas.

"UNY menyediakan sarana atau media untuk penyampaian data atau informasi berkaitan dengan layanan, termasuk tentang UKT dan jika dipandang sangat perlu bisa langsung disampaikan kepada rektor," tegasnya.

Selain itu, UNY tidak akan melacak komentar kritikan yang disampaikan di media sosial. Namun, diharapkan kritik di sampaikan melalui media yang tersedia dan dilengkapi data.

"Pimpinan tidak ada intruksi untuk melacak komentar miring, sangat berharap kritik dan catatan (dilengkapi data/bukti) disampaikan melalui saluran media yang tersedia atau jika dirasa tidak mendapat tanggapan semestinya, bisa langsung disampaikan ke Bapak Rektor," tandasnya.

Sementara itu di tempat berbeda, Rachmad Ganta Semendawai membenarkan jika telah bertemu dengan pimpinan rektorat UNY.

"Panggilan itu tidak penting, saya hanya diminta klarifikasi dan nyatanya tidak ada yang bisa digugat dari thread saya," ucapnya.

Ganta menegaskan, saat ini jauh lebih penting adalah nasib para mahasiswa yang UKT-nya tidak sesuai dengan kondisi riil ekonomi orangtuanya. Permasalahan ini jauh lebih penting karena belum ada penyelesaian.

"Ada 1.000 lebih mahasiswa yang mengalami UKT yang tidak sesuai dengan kemampuan bayarnya. Itu jauh lebih penting daripada pemanggilan saya," tandasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/17/171445778/pimpinan-uny-minta-klarifikasi-penulis-thread-twitter-kisah-mahasiswi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke