Salin Artikel

Pria yang Tinggalkan Motor dan Naik Jalur Labuhan Merapi Mengaku Ikuti Burung Saat Ditemukan 2 Hari Kemudian

Usai ditemukan, mahasiswa asal Bekasi, Jawa Barat ini mengaku mengikuti burung saat berjalan turun tapi justru tersesat.

Hal itu diketahui dari video ketika seorang tim SAR menanyakan kepada NM. Saat ditanya tersebut NM mengaku mengikuti burung saat akan berjalan ke arah pulang. Tetapi saat menyadari sudah melihat Gunung Merapi.

"Apa, ngikutin burung, saya pingin ke arah pulang, pas saya lihat udah Gunung Merapi Mas, jadi nanggung. Iya (motor diparkir di bawah)," ucap NM seperti dalam video.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Bambang Kuntoro membenarkan pengakuan NM di video tersebut.

"Kan itu pengakuannya ngikutin burung, dia mau turun tapi ngikutin burung, tapi malah salah jalan. Sehingga dia bingung sampai di bawah (lokasi) labuhan (Gunung Merapi), Dia bingung, itu saja intinya," ujar Bambang Kuntoro saat dihubungi, Rabu (11/1/2023).

Bambang juga membenarkan pria tersebut berinisial NM. Saat ini NM merupakan mahasiswa salah satu kampus swasta di Yogyakarta.

Saat ditemukan lanjut Bambang NM dalam kondisi sadar dan sehat.

"Kondisinya sadar, baik, bisa minum, makan, bisa ngomong, tahu kalau motornya di sana. Cuman kan (dalam proses evakuasi) tetap ditandu, karena kondisi mungkin belum fit," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya seorang pria meninggalkan motornya di warung daerah Kinahrejo dan berjalan naik ke jalur pendakian labuhan Gunung Merapi.

Pria tersebut berhasil ditemukan usai dilakukan pencarian pada Rabu (11/1/2023) siang. Pria tersebut ditemukan berada di atas Srimanganti.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/11/163612878/pria-yang-tinggalkan-motor-dan-naik-jalur-labuhan-merapi-mengaku-ikuti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke