Salin Artikel

Presiden Jokowi Ajak Cucu ke Candi Prambanan di Akhir Pekan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo berwisata ke Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden Joko Widodo menghabiskan akhir pekan di Candi Prambanan dengan mengajak cucunya.

Di dalam kunjunganya ini, Presiden Joko Widodo ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, sang istri Selvi Ananda, beserta Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Wisata edukasi Presiden Joko Widodo dan keluarga di Candi Prambanan dipandu oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kemenristekdikbud Manggar Sari.

Sembari berkeliling, Manggar Sari menjelaskan sejarah Candi Prambanan. Jan Ethes tampak memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan mengenai warisan budaya dunia tersebut.

"Ini yang paling besar,” ucap Manggar menunjuk Candi Siwa dengan ketinggian 47 meter tersebut dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/01/2023).

Presiden Joko Widodo bersama cucunya masuk ke dalam salah satu candi. Presiden bersama dua cucunya masuk untuk melihat lebih dekat relief yang terukir pada candi tersebut.

Para pengunjung Candi Prambanan tidak menyangka dapat bertemu dengan Presiden Joko Widodo  di destinasi wisata domestik tersebut. Mereka pun tampak antusias melihat Presiden Jokowi bersama ketiga cucunya.

Salah satu pengunjung Candi Prambanan Amelia mengaku tidak menyangka akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Enggak nyangka, lagi study tour eh ada Pak Jokowi,” ucap Amelia salah satu pengunjung Candi Prambanan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah meminta jajaran pemerintah di daerah untuk menggalakkan pariwisata dalam negeri karena Indonesia kaya akan potensi wisata.

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja,” ujar Presiden Jokowi dalam acara pengarahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah, pimpinan badan usaha milik negara (BUMN), panglima komando daerah militer (pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), dan kepala kejaksaan tinggi (kajati) pada bulan September 2022 lalu di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/07/211827678/presiden-jokowi-ajak-cucu-ke-candi-prambanan-di-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke