Salin Artikel

Kalender dan Tabloid Bergambar Anies Baswedan Disebarkan Relawan kepada Warga Purworejo

PURWOREJO, KOMPAS.com- Kalender dan tabloid bergambar mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan disebarkan di Kabupaten Purworejo.

Kalender tersebut disebarluaskan oleh sekelompok orang yang menyebut dirinya Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANieS).

Tak hanya itu, mereka juga membagikan sayuran gratis kepada warga.

Kegiatan pembagian kalender dan sayuran gratis tersebut terlihat di pertigaan Tumbak Anyar, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo pada Sabtu (7/1/2023) sore.

Bahkan relawan juga membagikan tabloid yang berisi dukungan terhadap Anies Baswedan.

Tak tanggung-tanggung, 300 paket berisi sayur, tabloid, dan kalender dibagikan kepada warga dan pengguna jalan yang lewat ditarik keramaian tersebut.

Koordinator kegiatan Sarno, menjelaskan bahwa sayuran terdiri dari kacang panjang, sawi, bayam, dan paket komplit sayur untuk membuat sop.

Ia mengaku bahwa seluruh biaya bagi-bagi sayur murni dana pribadi para relawan tanpa bantuan donatur apalagi campur tangan Parpol.

“Kebetulan saya juga berprofesi sebagai penyuplai sayuran. Jadi ya sekalian bersosial. Kita aksi sudah berulang kali ndak pernah minta-minta,” jelas Sarno.

Menurutnya, pembagian tabloid dan kalender dimaksudkan untuk mengenalkan Anies Baswedan kepada masyarakat.

Ia merasa enggan apabila kegiatan seperti ini dianggap mencuri start ataupun disamakan dengan kampanye.

Dirinya juga menegaskan bahwa ANieS Purworejo tidak memaksa warga untuk memilih sosok Anies Baswedan pada Pilpres 2024 nanti.

Ia hanya menyosialisasikan sosok Anies Baswedan yang kelak akan mencalonkan presiden pada pemilu 2024 mendatang.

“Kami ini relawan bukan Parpol, jadi ya ini bukan kampanye. Kami hanya mengenalkan, urusan pilihan nanti kembali ke diri masing-masing,” tegas Sarno di sela-sela kegiatan.

Pihaknya juga menjelaskan sengaja memilih lokasi di pertigaan Tobak Anyar karena lokasinya yang strategis.

Lokasi itu juga dinilai lebih efektif karena masyarakat lebih membutuhkan uluran tangan.

Antusiasme warga ternyata cukup tinggi. Tak genap sampai satu jam, paket sayuran telah ludes, bahkan sampai kurang.

Naning (50), salah satu warga Tumbakanyar yang juga pendukung Anies Baswedan merasa bersyukur dan berterima kasih atas pembagian sayuran gratis.

Menurutnya, mantan Gubernur Jakarta itu merupakan sosok yang bijaksana, murah senyum, dan ramah. Meski banyak dihujat, Ia tidak mendendam dan adem ayem.

“Pak Anies itu orangnya bijaksana, banyak senyum, dan enggak jutek. Meski banyak dihujat juga tetep adem ayem aja. Pokoknya top abis,” terang Naning sembari senyum sumringah.

Senada dengan Naning, Indra (40) warga Dusun Sembuh yang juga pengagum mantan rektor Universitas Paramadina itu mengapresiasi apa yang dilakukan oleh relawan. Pembagian sayur gratis sangat membantu warga di tengah naiknya harga kebutuhan pokok, termasuk sayuran.

“Alhamdulillah, di kondisi yang seperti ini bisa membantu warga, apalagi gratis. Insya Allah 2024, Pak Anies Presiden,” pungkas Indra.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/07/193215678/kalender-dan-tabloid-bergambar-anies-baswedan-disebarkan-relawan-kepada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke