Salin Artikel

Lalu Lintas Solo Diprediksi Stagnan Tahun 2031, Gibran: Jalan Tol Lingkar Salah Satu Solusinya

KOMPAS.com - Pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo mendapat penolakan dan keberatan dari sejumlah pihak, termasuk tiga bupati yang daerahnya bakal dilewati jalan tersebut.

Adapun ketiga bupati itu yakni Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Alasan ketiga bupati tersebut menolak atau keberatan dengan pembangunan tol Lingkar Timur-Selatan Solo antara lain karena bakal mengurangi lahan sawah yang dilestarikan (LSD) dan dianggap berpotensi mematikan perekonomian warga yang wilayahnya dilewati jalan tol tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengungkapkan alasannya mendukung pembangunan jalan tol lingkar Solo itu.

Menurut Gibran, salah satu alasannya adalah hasil kajian yang diterimanya pada tahun 2021 ketika dia baru menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Berdasarkan kajian tersebut, Gibran mengatakan, lalu lintas Kota Solo bakal mengalami stagnan pada tahun 2031.

"(Kajian) ini dari zamannya Pak Hari (Kadishub Solo). Awal-awal saya menjabat, Pak Hari memaparkan kapan, berapa tahun lagi, tahun berapa lalu lintas di Solo stagnan. Bukan padat merayap lagi, stagnan," kata Gibran kepada TribunSolo.com, Sabtu (7/1/2023).

Gibran menjelaskan, pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu solusi di samping solusi lainnya yang juga penting.

"Kita memutuskan kan berdasarkan kajian. Jalan lingkar ini salah satu solusi. Salah satu saja," ujar Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku, pihaknya pun telah mencatat hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi persoalan tersebut.

Pasalnya, Gibran menyampaikan, hal ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kelancaran pergerakan barang dan jasa.

"Sempadannya berapa. Harus membangun fly over seperti apa lagi. Pelebaran jalan di mana saja. Semua sudah dipetakan," jelasnya.

Dia menambahkan, membiarkan lalu lintas Kota Solo semakin padat tanpa adanya perencanaan yang matang tentu akan mengancam kondisi perekonomian.

"Nanti jika lalu lintasnya sudah stagnan, inflasi distribusi barang dan pangan semuanya terpengaruh. Pariwisata juga terpengaruh. Harus hati-hati sekali terhadap masalah lalu lintas," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul "Alasan Gibran Dukung Tol Lingkar Timur-Selatan: Kajian Tahun 2031 Lalu Lintas Solo Bakal Stag"

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/07/192844078/lalu-lintas-solo-diprediksi-stagnan-tahun-2031-gibran-jalan-tol-lingkar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke