Salin Artikel

Kejar Target, Gibran Usahakan Masjid Sheikh Zayed Solo Dibuka Januari Ini: Tunggu Saja

KOMPAS.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan mengusahakan agar Masjid Raya Sheikh Zayed bisa dibuka untuk umum pada bulan ini, Januari 2023.

Meski begitu, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu belum bisa menyampaikan tanggal pasti pembukaan Masjid Sheikh Zayed Solo.

"Tunggu saja," kata Gibran kepada TribunSolo.com, dikutip Kompas.com pada Rabu (4/1/2023).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengurus dokumen yang dibutuhkan di Kementerian Agama (Kemenag).

"Segera mengurus beberapa dokumen di Kementerian Agama, habis itu selesai. Ini (pembukaan Masjid Sheikh Zayed) kita kejar Januari, ditunggu saja," ujar Gibran.

Pengurus Masjid Sheikh Zayed Solo

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani menyampaikan, pengukuhan pengurus Masjid Sheikh Zayed Solo masih menunggu koordinasi dengan kementerian terkait, termasuk Kemenag.

"Pengurus (Masjid Sheikh Zayed) sudah disusun, cuma masih menunggu rapat dari lembaga kementerian," ucap Ahyani kepada TribunSolo.com, Selasa (3/1/2023), dikutip Kompas.com pada Rabu (4/1/2023).

Hal itu, menurutnya, lantaran ada sejumlah keperluan yang menyangkut bidang sejumlah kementerian.

"Ini karena menyangkut kementerian pusat, Kementerian Agama, PUPR, dan Transportasi," jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan, pengurus Masjid Sheikh Zayed Solo juga berpeluang diisi sejumlah perwakilan pihak Uni Emirat Arab (UEA).

Ahyani melanjutkan, sejauh ini, pendonor juga belum menyerahkan Masjid Sheikh Zayed secara resmi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

"Target ya sesegera mungkin," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/04/141740778/kejar-target-gibran-usahakan-masjid-sheikh-zayed-solo-dibuka-januari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke