Salin Artikel

Tertimbun Longsor Dinding Talud di Sleman, Mandor Proyek Asal Klaten Ditemukan Tewas

Korban tersebut bernama Surya (32), warga Klaten, Jawa Tengah. Korban yang berprofesi sebagai mandor proyek ini ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Tim SAR gabungan kembali memulai pencarian terhadap korban yang tertimbun lonsor pada Selasa (3/1/2023) pagi.

Pada pencarian hari kedua ini, tim SAR gabungan terlebih dulu mengurangi volume tanah di dinding talud sisi kanan dan kiri dengan mengguakan ekskavator.

"Kita bagi tim untuk melakukan pemantuan, termasuk juga dengan menggunakan K9," ujar Kasi Operasi Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso, Selasa (3/01/2023).

Dari upaya yang dilakukan, Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban pada siang harinya. 

"Alhamdulilah, tepat pukul 13.39 WIB korban atas nama Surya 32 tahun laki-laki asal Bayat, Klaten dapat kita temukan," ungkapnya.

"Kondisi dimungkinkan meninggal dunia atau henti nafas, henti jantung, karena kita tidak bisa menyatakan meninggal dunia. Tetapi kondisi yang kami temukan adalah henti nafas, henti jantung," tandasnya.

Dia mengatakan daerah pencarian memang tidak terlalu luas. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh tim SAR gabungan.

"Kita dihadapkan pada potensi bahaya kondisi tebing yang tidak stabil. Sehingga tim SAR gabungan kalau berada di bawah tebing itu dimungkinkan akan mengalami potensi bahaya longsor susulan. Jadi pencarian memakan waktu sampai hari ini," tandasnya.

Setelah berhasil diketemukan korban lantas dibawa ke RS Bhayangkara. Selanjutnya jenazah akan diserahkan kepada keluarga. Atas penemuan tersebut, operasi SAR gabungan pun ditutup.

Diberitakan sebelumnya, empat orang pekerja pekerja tertimbun longsoran tanah dinding galian talud proyek perumahaan di daerah Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Tiga orang berhasil dievakuasi. Dari tiga yang ditemukan satu korban meninggal dunia. Sementara satu orang atas nama Surya yang merupakan mandor masih dalam pencarian.

Proses pencarian di hari pertama sempat dihentikan sementara pada malam hari karena di lokasi turun hujan. Operasi pencarian terhadap korban atas nama Surya kembali dilakukan pada Selasa (3/01/2023) pagi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/03/151844778/tertimbun-longsor-dinding-talud-di-sleman-mandor-proyek-asal-klaten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke