Salin Artikel

Janjikan Kerja di Angkasa Pura, Seorang Pria Tipu Kakak Adik di Gunungkidul hingga Rp 680 Juta

Modus yang dilakukan pelaku adalah dengan menjanjikan pekerjaan di PT Angkasa Pura, Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Korban yang merupakan kakak beradik ini rugi hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan kasus ini bermula saat PDD menjanjikan pekerjaan kepada RR (32) dan AR (26), warga Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, sebagai pegawai PT Angkasa Pura 1, pada Juli 2021.

"PDD menjanjikan pekerjaan sebagai pegawai di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta ke korban," kata Edy kepada wartawan di Mapolres Gunungkidul Selasa (3/1/2023).

Saat itu, korban yang merupakan kakak beradik ini dijanjikan langsung bekerja dengan gaji Rp 20 juta per orangnya. Namun, korban diminta menyetorkan uang sebesar Rp 340 juta per orangnya. Sehingga pelaku mendapatkan total Rp 680 juta.

Edy mengatakan, karena korban percaya dengan bujuk rayu pelaku, akhirnya mentrasnfer uang itu ke rekening PDD. Namun setelah ditunggu, pekerjaan tidak didapatkan.

"Januari 2022 korban mencoba menanyakan soal pekerjaan tersebut, namun pelaku tak bisa dihubungi," kata Edy.

Korban yang merasa ditipu, langsung melaporkan ke Polres Gunungkidul. Kasus ini ditindaklanjuti Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Satreskrim Polres Gunungkidul.

"Tersangka PDD kami amankan bersama seragam dan atribut avsec," kata Edy.

Polisi mengamankan tersangka beserta barang bukti 1 potong kemeja Avsec dan 1 potong kaos Avstek Bandara. PDD disangkakkan Pasal 378 KUHP atau 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

"Tersangka terancam pidana maksimal 4 tahun penjara," kata dia.

PDD mengaku melakukan penipuan karena kenal dengan korban. Dia mengaku sebenarnya sudah dipecat dari pegawai Avsec. Namun, saat bertemu dengan korban, dia mengaku masih bekerja.

"Saya bisa meyakinkan korban karena kenal baik," kata PDD.

Untuk hasil penipuan, PDD mengaku sudah sudah menghabiskan untuk kepentingan pribadinya.

"Uangnya sudah habis untuk keperluan sehari-hari," ungkap PDD.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/01/03/124123478/janjikan-kerja-di-angkasa-pura-seorang-pria-tipu-kakak-adik-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke