Salin Artikel

30 Ribu Sampai 40 ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Parangtritis Saat Malam Tahun Baru

YOGYAKARTA,KOMPAS.com—Polres Bantul memprediksi 30.000-40.000-an kendaraan akan masuk kawasan Pantai Parangtritis saat malam pergantian tahun 31 Desember 2022 mendatang. Polisi akan melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan  menyampaikan dari pengamatan di lapangan sudah mulai ada peningkatan kunjungan ke kawasan Pantai Parangtritis.

Setiap hari rata-rata 5000 sampai 6000 kendaraan melintas, kecuali akhir pekan lalu sekitar 17.000 ribu kendaraan masuk kawasan ikon wisata ini.

"Kami prediksi di tanggal 31 nanti akan melonjak, perkiraan kami sekitar 30-40 ribu (datang ke Parangtritis)," kata Ihsan di Mapolres Bantul, Rabu (28/12/2022).

Hal ini karena tahun 2021 kendaraan yang masuk ke kawasan Pantai Parangtritis sekitar 30.000 kendaraan saat malam pergantian tahun 2022. Padahal waktu itu masih diberlakukan PPKM Level 2.

Dikatakannya, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas sepanjang Parangtritis.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa arus lalu lintas, Jalan Jogja-Wonosari, Kapanewon Piyungan Bantul.

Ihsan menyebut akan menyiagakan posko pengamanan dan pemantauan. Kemudian juga mengeluarkan kebijakan larangan parkir dan berjualan di sisi barat jalan atau tepi jurang.

"Kita tempatkan anggota termasuk memasang barrier agar masyarakat tidak berjualan, tidak berhenti untuk foto-foto di sana termasuk tukang parkir tidak memarkirkan kendaraan di situ, sisi barat. Kami sudah koordinasi dengan juru parkir," kata Ihsan.

Ihsan mengatakan jika jalur Cino Mati sudah dihapus sementara dari Google Maps, namun pihaknya tetap menempatkan petugas dibantu relawan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan.

"Tim ini juga terdapat regu pengganjal roda bagi kendaraan yang gagal naik,” kata dia.

Selain itu, jalan ke jalur wisata Mangunan, untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Pihaknya akan memasang imbauan untuk menggunakan gigi kecil saat menanjak.

Untuk jalur Ring Road selatan juga akan ditempatkan petugas terutama di sejumlah persimpangan jalan untuk mengantisipasi kepadatan maupun kecelakaan lalu lintas. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/28/185812078/30-ribu-sampai-40-ribu-kendaraan-diprediksi-masuk-parangtritis-saat-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke