Salin Artikel

Sebelum Rumah Jaksa KPK di Yogyakarta Kemalingan, Ketua RT Sebut Warganya Lihat Orang Mencurigakan Memotret Rumah Korban

KOMPAS.com - Rumah Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berinisial FAN dibobol maling pada Sabtu (24/12/2022) sore. Rumah tersebut beralamat di Jalan Arjuno No. 20 Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua RT 019 RW 004 Saptadi mengatakan, sebelum kejadian itu, ia mendapat laporan dari warga soal adanya seseorang mencurigakan di sekitar rumah korban.

Menurut laporan warga, orang itu mengendarai sepeda motor dan sempat memotret sekitar rumah FAN.

"Saya tidak tahu. Saya cenderung sering pergi. Tapi informasi (dari warga) betul ada yang sering memotret itu (rumah FAN) orang pakai motor tahu-tahu datang. Bukan saya (melihat), hanya saya dari warga (informasinya). Siapa enggak jelas, dari mana enggak jelas," ujarnya, Senin (26/12/2022), dikutip dari Tribun Jogja.

Soal pencurian di rumah jaksa KPK, Saptadi mengaku tak mengetahui kronologinya. Pasalnya, saat kejadian, dirinya sedang tidur. Ketika bangun, ia melihat di depan rumah FAN sudah didatangi polisi dan ramai warga sekitar.

Mengetahui warganya kemalingan, Saptadi kemudian menunggu di luar rumah FAN lantaran tidak diperbolehkan masuk dan petugas sudah memasang garis polisi.

Tatkala menunggu bersama warga, Saptadi mendapat informasi bahwa barang yang digondol pencuri adalah sebuah laptop milik FAN.

"Intinya ada kemalingan, tapi tidak menguras harta benda, tapi ada yang dituju cuma laptop," ucapnya.

Saptadi menuturkan, di rumah FAN sebenarnya terdapat beberapa laptop, tetapi yang diambil oleh maling hanya laptop milik FAN yang dipakai bekerja.

"Jadi ada 2 atau 3 laptop yang di rumah itu kan. Untuk anak-anak ada, ibu mungkin ada, 3 tapi yang diambil laptop Pak FAN yang di dalam ransel. Ada laptop di luar itu aman," ungkapnya.

Sewaktu peristiwa itu terjadi, rumah FAN dalam keadaan kosong lantaran keluarga tersebut sedang pergi ke Wonogiri, Jawa Tengah.

"Kemarin kan liburan, anak-anak sudah libur, Pak FAN kemungkinan cuti, Bu FAN cuti, berempat satu keluarga ke Wonogiri. Kan aslinya Wonogiri, Bu FAN Pacitan apa ya. Jadi kemudian kan liburan," tuturnya.

Saptadi menilai, pencurian di rumah jaksa KPK tersebut tergolong nekat. Selain dilakukan sore hari, sekitar rumah FAN banyak terpasang kamera CCTV.

"Ada di samping-samping rumah ada, di depan (rumah FAN) itu ada," terangnya.

Rekaman CCTV tersebut telah diserahkan kepada polisi.

"Sudah diserahkan ke kepolisian. Mengantar pak polisi yang ada CCTV saya ngantar kan kulonuwun. Dilihat ada di-download. Pak polisi minta 2 atau 3 (rekaman)," jelasnya.

Menurut Saptadi, aksi pencurian baru pertama kali ini terjadi di wilayahnya.

"Sini itu relatif aman. Orang kan akan berpikir 2 kali (untuk berbuat jahat). Jadi istilahnya maling ini istimewa," bebernya.

Kasus pencurian di rumah jaksa KPK diselidiki polisi

Polisi kini tengah menyelidiki kasus pencurian di rumah jaksa KPK.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja menjelaskan, kasus ini merupakan pencurian dan pemberatan. Pasalnya, tidak hanya pencurian saja, tetapi juga ditemukan perusakan.

"Pencurian dan pemberatan, karena ada perusakan pintu. Dirusak, dicongkel," sebutnya, Senin.

Saat ditanya tentang barang-barang yang hilang akibat pencurian, Timbul mengaku belum mengetahui secara detail. Berdasarkan informasi yang ia peroleh, hingga kini baru laptop dan berkas yang hilang.

"Itu belum tahu, tapi yang jelas yang hilang laptop. Saya belum tahu berapa saksi diperiksa," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya pencurian tersebut.

"Informasi yang kami peroleh benar. Kami tentu berharap pelaku segera ditangkap," ujarnya pada Minggu (25/12/2022).

Terkait FAN, Ali Fikri menyebutkan bahwa FAN saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penuntutan yang sedang menyidangkan beberapa perkara KPK.

"Yang bersangkutan sebagai Kasatgas Penuntutan yang sedang menyidangkan beberapa perkara KPK. Salah satunya benar di PN Tipikor Yogyakarta," ucapnya, Senin.

Ali Fikri berharap kasus pencurian ini dapat segera terungkap dan ditemukan pelakunya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor: Khairina, Andi Hartik)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Rumah Jaksa KPK di Jogja Dibobol Maling, Ketua RT Ungkap Warga Lihat Orang Memotret Rumah Korban

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/27/081200078/sebelum-rumah-jaksa-kpk-di-yogyakarta-kemalingan-ketua-rt-sebut-warganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke