Salin Artikel

Ini Jalur Alternatif untuk Hindari Kemacetan Selama Libur Nataru di Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan jalur alternatif untuk mengurai kemacetan.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti menjelaskan, Dishub DIY telah melakukan pendataan jalur-jalur alternatif yang dapat dilalui oleh wisatawan yang akan berkunjung ke DIY.

Made menambahkan, jalur-jalur alternatif ini dapat digunakan untuk mengurai kemacetan yang ada ada di 4 jalur utama seperti Jalan Wates-Yogyakarta, Sleman Tempel, Yogyakarta-Prambanan, Yogyakarta-Wonosari.

"Jalur-jalur itu yang dilewati oleh wisatawan yang ke Yogyakarta," kata Made, Jumat (23/12/2022).

Made membeberkan terdapat berbagai jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Kendaraan akan menuju Kulon Progo tidak harus masuk melalui Jalan Wates-Yogyakarta tetapi bisa melalui jalur alternatif yakni di ruas Tegalsari Siluwuk, ruas Sentolo-Dekso-Klangon, Ruas Temon-Troya-Brosot, Ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot, dan Jembatan Timbang Kuaru.

"Untuk ke Kulon Progo tidak perlu melalui Jalan Wates," katanya.

Sementara, untuk kendaraan yang menuju Gunungkidul dapat melalui jalur ruas Dlingo-Dodogan-Playen, Wonosari-Karangmojo-Semin, Sambipitu-Sambirejo, dan JJLS Panggang-Rongkop.

Jalur alternatif Sleman bisa melalui ruas Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan, tidak harus melalui jalur utama di Jalan Magelang.

Lalu, ruas Klangon-Godean-Tempel, ruas Melati-Balangan-Dekso, ruas Denggung-Beksi,  ruas Kuroulon-Johonalang, Ruas Prambanan-Piyungan, Klangon-Sedayu-Minggir-Tempel.

Menurut Made, jalur alternatif di Bantul seperti di Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang,  ruas Brosot-Srandakan-Bantul, ruas Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang.

"Untuk jalur rawan longsor ada di beberapa lokasi seperti di Piyungan, Jogja-Wonosari-Patuk, Pracimantoro-Rongkop, Dekso, Muntilan, Samigaluh, Temon, Panggang. Alhamdulillah Natal ini bisa dilewati (Piyungan). Kalau kendaraan terlalu banyak akan dilakukan pembatasan," ucap dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/23/155859878/ini-jalur-alternatif-untuk-hindari-kemacetan-selama-libur-nataru-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke