Salin Artikel

Takut Ketahuan Melahirkan Anak di Luar Nikah, Gadis 18 Tahun Mengaku Temukan Bayi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Warga digegerkan dengan penemuan seorang bayi di depan rumah warga  Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (22/12/2022).

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata orang yang pertama menemukan adalah ibu kandungnya.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu Nengah Jeffry Prana Widyana menyampaikan peristiwa ini bermula saat seorang warga yakni EP (18) yang masih status pelajar, mengaku menemukan bayi di depan rumahnya, Kamis, sekitar pukul 06.00 WIB.

EP langsung melaporkan kepada ibunya jika menemukan bayi laki-laki.

"Saat ditemukan tanpa kain apapun. Diperkirakan bayi berusia lebih dari 24 jam dilihat dari tali pusar yang sudah menghitam," kata Jeffry dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (23/12/2022).

Mendapatkan informasi penemuan bayi, orangtua EP langsung melaporkan ke Polsek Kasihan. Saat itu Bhabinkamtibmas Kalurahan Bangunjiwo langsung membawa ke Puskesmas Kasihan 1 untuk pemeriksaan bayi.

"Dari keterangan perawat di Puskesmas Kasihan 1 yang melakukan pemeriksaan, kondisi bayi dalam keadaan sehat," kata Jeffry.

Jeffry mengatakan, setelah mendapatkan laporan, petugas Polsek Kasihan langsung mendatangi lokasi, dan melakukan pendalaman tempat kejadian perkara (TKP), dan lidik. Saat itu, menemukan plasenta di kamar EP.

"Hasil lidik di sekitaran TKP ditemukan plasenta/ari-ari di kamar saudari EP," kata dia.

Petugas langsung mengarahkan EP untuk melakukan pemeriksaan di Puskesmas Kasihan 1. Setelah dilakukan interogasi terhadap EP mengakui bahwa bayi yang ditemukan adalah anak kandungnya.

"EP awalnya mengaku menemukan bayi karena takut kepada orangtuanya karena belum menikah dan hamil karena hubungan dengan pacarnya," kata Jeffry.

"Saat ini ibu dan bayinya masih mendapatkan perawatan di puskesmas," kata dia.

Kemungkinan polisi mengembalikan kepada orangtua. Jeffry berharap orangtua memperhatikan perkembangan anaknya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/23/142046078/takut-ketahuan-melahirkan-anak-di-luar-nikah-gadis-18-tahun-mengaku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke