Salin Artikel

Pemkot Yogyakarta Pastikan Tak Ada Acara Khusus di Malioboro Saat Malam Tahun Baru 2023

"Tidak, kita sudah koordinasi kemarin tetap berjalan dan mengalir," katanya saat ditemui setelah apel pasukan di halaman Stadion Mandala Krida, Kamis (22/12/2022).

Namun begitu, dia mengatakan, Pemkot Yogyakarta tidak akan menggelar acara khusus atau event di Jalan Malioboro saat malam pergantian tahun.

"Amanat dari Pak Gubernur DIY, tidak ada event di sana (Malioboro)," kata dia.

Lebih lanjut, dia mengakui bahwa Kota Yogyakarta menjadi destinasi favorit wisatawan saat libur Natal dan tahun baru. Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa simulasi untuk mengatasi kemacetan saat libur Natal dan tahun baru. 

"Semua komponen sudah antisipasi itu (kemacetan), tempat-tempat wisata sudah dilakukan simulasi," kata dia.

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta Kombes Idham Mahdi mengatakan pada hari ini, Kamis (22/12/2022), pihaknya melakukan gelar Pasukan Lilin Progo 2022 di Stadion Mandala Krida. Operasi Lilin Progo mulai 23 Desember sampai 2 Januari 2023.

Saat Nataru, sambung Idham, Polresta Yogyakarta membuat tiga titik pos pengamanan, yaitu di Pos Tugu Yogyakarta, Pos Teteg dekat Abu Bakar Ali, dan pos di Nol Kilometer Kota Yogyakarta.

"Setiap potensi kita siapkan, akan banyak wisatwan yang berkunjung kita siaokan antisipasi kemacetan dan keamanan," kata dia.

Menjelang Natal, Polresta juga akan melakukan sterilisasi Gereja. Termasuk juga pengamanan, pengecekan, dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran ibadah umat Kristen.

"Untuk total pasukan yang disiapkan operasi Nataru 352 personel, tetapi untuk pengamanan Natal dan tahun baru ada 547 personel. Jadi personel untuk pergantian tahun ada 900-an personel," ujar dia.

Saat libur Nataru ini, ia mengimbau kepada masyarakat agar parkir di tempat-tempat resmi yang disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/22/105832678/pemkot-yogyakarta-pastikan-tak-ada-acara-khusus-di-malioboro-saat-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke