Salin Artikel

Terluka Setelah Terkena Benda Mirip Peluru, Begini Kondisi Balita di Sleman Setelah Operasi

Tim Dokter Bedah Syaraf RSUP Dr. Sardjito, Adiguno Suryo Wicaksono mengatakan, operasi telah berjalan lancar selama 6 jam. Operasi itu dilakukan pada tanggal 19 Desember 2022.

Dari operasi bedah yang dilakukan pihaknya berhasil mengeluarkan benda asing yang bersarang di kepala belakang balita berinisial JM.

"Saya dari tim dokter rumah sakit RSUP Dr. Sardjito yang menangani pasien tersebut. Kondisi pasien Alhamdulillah sampai saat ini stabil," katanya ditemui di RSUP Dr. Sardjito, Rabu (21/12/2022).

Menurut Adiguno saat ini pasien sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga, tetapi masih diperlukan pemantauan oleh tim dokter di ruang intensif RSUP Dr. Sardjito.

"Bisa komunikasi dan sekarang dalam pengawasan di ruang intensif kami," kata dia.

Disinggung soal benda asing yang bersarang di bagian kepala belakang balita ini, Adiguno enggan menjelaskan secara rinci. Namun, dia memastikan benda asing sudah diserahkan kepada bagian forensik medis RSUP Dr. Sardjito.

"Kami hanya mengeluarkan benda asing dan setelah itu kami serahkan keapda forensik medis kami, akan diserahkan kepada orang yang memerlukan benda tersebut," kata dia.

Terkait dengan bentuk benda asing dia juga tidak mau menjelaskan secara rinci.

"Bentuk saya kurang memahami. Saya hanya mengambil saja lalu saya serahkan. Saya tidak memperhatikan bentuk-bentuk segala macamnya dan jenisnya apa," kata dia.

Setelah benda asing diserahkan kepada forensik medis, nantinya akan dilakukan analisis terkait bentuk benda asing.

"Lukanya di bagian kepala bagian belakang dan lokasi benda asing dekat di otak kecil. Kedalaman kurang lebih 8 cm," kata dia.

Sebelumnya, Balita yang terluka di kepalanya akibat terdapat benda asing mirip peluru telah menjalani operasi di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Saat ini, balita tersebut masih dalam perawatan pasca-operasi.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan, ada satu pasien inisial J perempuan usia 4 tahun masuk di IGD pada 18 Desember 2022 pukul 16.48 WIB.

"Saat masuk RSUP Dr Sardjito pasien mengalami gangguan kesadaran dan tampak luka terbuka di bagian kepala," ujar Banu Hermawan, Selasa (20/12/2022).

Banu menyampaikan selanjutnya dilakukan penanganan medis sesuai prosedur. Pasien juga menjalani tindakan operasi pada 19 Desember 2022.

"Dilakukan operasi jam 6.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Ditemukan korpal yang masuk di bagian kepala," urainya.

Benda asing yang berada di bagian kepala pasien telah diangkat. Selanjutnya akan dilakukan analisa di Laboratorium Forensik RSUP Dr Sardjito.

"Jadi setiap benda asing itu kita analisa secara forensik dulu. Nanti akan kita laporkan polisi, kebetulan kan sudah ada permintaan dari kepolisian terkait benda apa dan lain sebagainya," ungkapnya.

Di Laboratorium Forensik RSUP Dr Sardjito, lanjut Banu, nantinya benda asing tersebut akan diukur. Kemudian diserahkan ke pihak kepolisian.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/21/162802578/terluka-setelah-terkena-benda-mirip-peluru-begini-kondisi-balita-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke